bahan voal

Bahan Voal: 7 Alasan Mengapa Kain Ini Begitu Trendy!

Bahan voal. Bila gemar berbelanja dan rajin mengikuti tren busana terbaru, pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah voal. Ya, voal atau voile merupakan bahan yang terbuat dari katun tipis.

Karena bahan dasar inilah, maka kain voal terasa dingin di tubuh dan di kepala. Tidak mengherankan apabila voal banyak dipakai untuk bahan jilbab.

Nah, Anda penasaran dengan serba-serbi kain ini? Simak lebih lanjut melalui penjelasan di bawah ini.

Penggunaan Voal untuk Baju

Bahan Voal

Bahan voal digunakan untuk membuat baju, gaun, dan tentu saja jilbab. Baju yang dibuat dengan voal memiliki tekstur yang tipis, memberikan kesan dingin dan juga loose alias “longgar”.

Voal merupakan bahan busana ideal yang dapat menyembunyikan lekuk tubuh dengan baik. Tentu saja hal tersebut dikarenakan bahan ini sama sekali tidak ketat.

Jadi, apabila Anda menginginkan impresi tubuh yang lebih langsing, baju dengan voal adalah jawabannya.

Penggunaan Voal untuk Jilbab

Kain Voal

Selain bahan maxmara dan bahan crepe, jilbab yang memiliki material dasar voal juga sedang menjadi tren beberapa tahun belakangan ini. Jilbab-jilbab yang menggunakan voal biasanya berbentuk segi empat dan memiliki warna-warna yang redup serta terlihat matte.

Ini membuat jilbab menjadi terlihat lebih elegan dan sangat cocok dipakai untuk keperluan-keperluan kasual, seperti pergi ke kantor, pesta semiformal, atau untuk jalan-jalan di akhir pekan.

Karakteristik dari jilbab voal ini adalah kainnya tidak transparan tetapi bahannya juga dingin dan mampu menyerap keringat. Maka dari itu, Anda tahu, bukan, mengapa jilbab ini begitu laris dibeli banyak orang?

Alasan Jilbab Voal Begitu Trendy

Banyak orang yang sangat meminati jilbab jenis voal. Bahan jilbab ini bisa dijual dengan harga yang lebih mahal dibandingkan jilbab dengan bahan lain, seperti bahan jersey, misalnya. Nah, apa alasannya?

Pertama, voal membuat kesan ramping pada wajah karena bahan yang satu ini tidak ketat. Yang kedua, warna-warna pudar akan membuat wajah terlihat lebih cerah.

Yang ketiga, voal tidak mudah kusut sehingga ketika Anda harus menyiapkan jilbab di pagi hari atau pada saat terburu-buru, Anda tidak perlu menyetrikanya.

Penggunaan Voal untuk Syal

Voal juga bisa dimanfaatkan sebagai syal. Ya, karakteristiknya yang lepas dan juga dingin membuatnya sangat ideal untuk dikalungkan pada leher.

Voal tidak akan membuat leher Anda terasa panas dan tentu saja menimbulkan kesan elegan dan feminin saat dikenakan. Voal yang biasa digunakan sebagai syal diproduksi dengan motif yang beragam, seperti motif abstrak, bunga, atau motif geometris.

Voal sebagai Rok

Meskipun kain voal memiliki karakter yang tipis, tetapi ada banyak rok yang dibuat dengan bahan utama voal. Rok ini punya sifat loose alias jatuh dan juga mudah melambai seiring dengan pergerakan kedua kaki Anda.

Karena bahan yang satu ini tipis, maka rok dengan material voal selalu menggunakan furing pada bagian dalam supaya tidak mudah robek dan juga tidak mudah melayang karena angin.

Kelebihan Voal

Ada beberapa alasan mengapa voal ini layak untuk dibeli. Berikut beberapa kelebihan dari voal yang dapat menguntungkan bagi Anda.

  • Kainnya begitu jatuh sehingga memberi kesan elegan dan manis;
  • Kain voal begitu ringan;
  • Bahannya dingin dan tidak pengap;
  • Memberikan kesan langsing di badan dan tirus di pipi;
  • Warna yang tercetak menjadi matte, memberikan kesan teduh dan anggun;
  • Harganya terjangkau; serta
  • Tidak mudah kusut.

Kekurangan Voal

Meskipun voal memiliki sederet kelebihan, tetap saja ada beberapa kekurangan dari bahan kesukaan para selebgram yang satu ini. Nah, kenali beberapa kekurangannya sebelum membeli.

  • Bahannya kurang kuat untuk dibuat sebagai material tas,
  • Mudah robek,
  • Tidak bisa dicuci dengan mesin, dan
  • Kadang dianggap terlalu lembut.

Perawatan Kain Voal

Sebetulnya, kain yang satu ini tidak membutuhkan perawatan khusus yang akan memberatkan Anda. Namun, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan untuk baju atau jilbab yang terbuat dari voal. Apa sajakah itu?

  • Hindari pelembut pakaian: voal pada dasarnya merupakan bahan kain yang lembut. Jadi, Anda tidak perlu menambahkan pelembut saat mencuci karena malah akan membuatnya lembek.
  • Mencuci secara manual: bahan voal cukup sensitif. Sebaiknya, cuci dengan cara dikucek sebentar, kemudian dijemur agar bahan ini tidak mudah rusak.
  • Jangan terlalu sering menggunakan bros: karena lembut, maka penggunaan bros yang terlalu sering bisa merusak tekstur kain voal dan membuatnya terlihat tidak rapi.

Mengenali Voal Asli dan Palsu

Kain Voal Untuk Jilbab

acornfabrics.com

Karena bahan ini sangat diminati banyak orang, ada beberapa pihak yang tidak bertanggung jawab yang membuat voal palsu dan mengklaim sebagai yang asli.

Voal palsu tentunya tidak seberkualitas voal yang asli. Untuk itu sebelum membeli, perhatikan apa saja yang membedakan voal palsu dan asli.

1. Voal Asli Memiliki Bulu Halus

Bulu-bulu halus pada voal tidak bisa dilihat hanya dalam sekilas. Untuk bisa mengetahui apakah sebuah voal memiliki bulu halus atau tidak, Anda harus menyentuhnya. Nah, voal yang palsu biasanya tidak memiliki bulu-bulu halus di permukaannya.

2. Voal Tidak Mudah Kusut

Kecuali Anda benar-benar meremasnya dalam waktu lama, voal tidak akan mudah kusut, tidak seperti bahan polyester. Jadi, ketika Anda membeli sebuah kain voal dan kain itu sangat mudah kusut serta sulit untuk dihaluskan dengan setrika, bisa dipastikan bahwa voal itu tidak asli.

3. Warnanya Pudar

Semua warna dan desain yang dicetak di atas kain voal akan menjadi pudar dan bernuansa matte. Apabila sebuah kain voal menampilkan warna dengan begitu cerah, bahkan glossy, maka bisa dipastikan bahwa itu bukan kain voal. Barangkali, itu kain polyester yang bercampur katun.

Nah, bagaimana? Tertarik untuk membeli bahan voal? Kenali dan teliti saat membeli, ya.

Leave a Reply