Manfaat Daun Kelor untuk Kanker

15 Manfaat Daun Kelor, Tanaman Ajaib (Penyembuh Segala Penyakit)

“Dunia tak selebar daun kelor”. Ungkapan itu pasti sudah akrab di telinga. Anda juga mungkin mengenal daun berukuran kecil ini sebagai sayuran yang biasa dimasak menjadi sayur bening. Namun, sudah tahukah Anda tentang manfaat daun kelor?

Daun kelor sering disebut sebagai sayuran ajaib karena dipercaya mampu mengobati beragam penyakit. Bukan hanya daunnya, seluruh bagian pohon kelor, mulai dari akar, batang, biji, hingga bunganya bisa dimanfaatkan untuk beragam kegunaan. Berikut ulasannya.

Mengenal Daun Kelor dan Kandungannya

Manfaat Daun Kelor Dan Kandungannya

Tanaman kelor sudah sejak lama dikonsumsi sebagai sayuran dan digunakan untuk keperluan pengobatan, baik akar, batang, daun, buah, maupun bijinya. Namun, penelitian mengenai khasiat pohon kelor baru dimulai pada tahun 1980.

Para ilmuwan menobatkan kelor sebagai “miracle tree” karena manfaatnya begitu banyak. Bahkan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan daun kelor untuk anak dan bayi karena:

  • Proteinnya dua kali lebih banyak daripada susu.
  • Vitamin C-nya tujuh kali lebih banyak daripada jeruk.
  • Vitamin A-nya empat kali lebih banyak daripada wortel.
  • Kaliumnya tiga kali lebih banyak daripada pisang.
  • Kalsiumnya empat kali lebih banyak daripada susu.

Kelor disebut sebagai tanaman paling bernutrisi di bumi. Kelor mengandung lebih dari 90 nutrien, hampir 50 senyawa antioksidan kuat, dan lebih dari 30 senyawa yang bersifat antiradang sehingga bisa menyembuhkan lebih dari 300 penyakit.

Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

aduna.com

Semakin banyak penelitian yang membuktikan bahwa mengonsumsi daun kelor akan memberikan dampak baik bagi kesehatan tubuh. Beberapa manfaat daun kelor untuk kesehatan adalah:

1. Sebagai Tanaman Antikanker

Salah satu efek paling berbahaya dari radikal bebas adalah bisa memicu penyakit serius seperti kanker. Daun kelor mengandung lebih dari tiga puluh jenis antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas sehingga layak disebut sebagai tanaman antikanker.

Pada bulan Juni 2011, jurnal Food and Chemical Technology menulis tentang manfaat ekstrak daun kelor untuk kanker. Disebutkan bahwa sebuah penelitian membuktikan, kelor mampu menghambat pertumbuhan dan reproduksi sel-sel kanker serviks.

2. Menjaga Kesehatan Rahim

Daun kelor mampu melancarkan menstruasi dan mencegah beberapa penyakit yang berbahaya untuk rahim, seperti penyakit menular seksual, kanker ovarium, dan fibroid (mioma uteri).

3. Menurunkan Kadar Gula Darah

Daun kelor memiliki khasiat yang efektif untuk diabetes karena mengonsumsi 50 gram daun kelor terbukti mampu menurunkan kadar gula darah hingga 21%.

4. Menurunkan Kolesterol

Salah satu fungsi penting serat pada buah dan sayuran, termasuk pada daun kelor adalah kemampuannya untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

5. Menyembuhkan Asam Urat

Daun kelor juga memiliki manfaat hebat untuk asam urat. Anda bisa mengatasi asam urat dengan cara rutin minum teh daun kelor (daun kelor kering yang diseduh air panas). Lakukan 1-2 kali sehari sampai kadar asam urat kembali normal.

6. Baik untuk Mata

Ingin punya mata sehat? Rajinlah mengonsumsi sayur daun kelor yang mengandung beta karoten yang penting untuk mata.

7. Mengobati Sariawan

Untuk mengusir sariawan dengan cepat, Anda bisa menggunakan air rebusan daun kelor sebagai obat kumur karena mengandung vitamin C tinggi.

8. Baik untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Daun kelor mengandung asam folat, besi, kalium, vitamin C dan B kompleks, kalsium, dan zat besi yang penting untuk ibu hamil. Sayur daun kelor juga sangat baik untuk ibu menyusui protein dan kaliumnya bisa meningkatkan produksi dan kualitas ASI.

Manfaat Kelor untuk Kecantikan

Manfaat Daun Kelor untuk Kanker

hellosehat.com

Penggunaan daun kelor bagi kecantikan sudah dilakukan sejak lama oleh bangsa Romawi, Yunani, dan Mesir. Saat ini, semakin banyak produk perawatan kulit dan rambut berbahan kelor, baik dalam bentuk masker, krim untuk wajah, losion, sampo, juga kosmetik.

Minyak kelor memiliki kemampuan menembus kulit yang sangat baik sehingga sangat mudah diserap. Ekstrak daun kelor dan minyak bijinya mengandung berbagai nutrisi penting untuk kulit sehingga dapat digunakan untuk merawat kecantikan, yaitu:

9. Menutrisi Kulit

Kulit yang cantik dan sehat membutuhkan zat-zat nutrisi, seperti vitamin A, beberapa jenis vitamin B, vitamin C, kalsium, seng, dan asam lemak. Minyak daun kelor memiliki semua unsur-unsur tersebut.

10. Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini adalah salah satu masalah kulit yang paling banyak ditakuti kaum wanita. Sebagaimana Anda ketahui, senjata ampuh untuk melawan radikal bebas penyebab penuaan dini adalah antioksidan, yang juga terdapat pada daun kelor.

11. Regenerasi Sel Kulit

Manfaat daun ini yang tak kalah penting adalah untuk regenerasi kulit. Asam amino dan beta karotennya berguna untuk mendukung produksi kolagen dan merangsang pembentukan sel-sel kulit baru sehingga kulit senantiasa tampak muda dan sehat.

12. Memperbaiki Kerusakan Kulit akibat Sinar UV

Rusaknya lapisan atmosfer membuat radiasi sinar UV semakin berbahaya untuk kulit. Kulit yang tak terlindungi akan mengalami kerusakan akibat terpapar sinar matahari secara langsung. Untuk memperbaikinya, Anda bisa menggunakan minyak daun kelor.

13. Mengobati Jerawat

Ekstrak daun kelor dapat dijadikan obat untuk jerawat karena memiliki senyawa yang bersifat antiseptik dan antiradang, sedangkan minyak biji kelor membantu memulihkan kondisi kulit.

14. Menyuburkan Rambut

Kandungan protein dalam minyak daun kelor dua kali lebih tinggi daripada yoghurt dan empat kali lebih tinggi daripada telur. Protein merupakan nutrisi penting untuk pertumbuhan rambut.

15. Melembutkan Bibir

Untuk mendapatkan bibir yang lembut dan sehat, oleskan minyak kelor yang kaya akan vitamin A, B, C, D, dan E.

Indonesia sangat beruntung karena tanaman kelor sangat mudah tumbuh di sini. Dengan sejuta manfaat daun kelor sebagai mega superfood, diharapkan penelitian dan pemanfaatan daun kelor akan bisa dilakukan lebih luas lagi.

Leave a Reply