Manfaat Lemon untuk Kecantikan

11 Manfaat Lemon yang Luar Biasa (untuk Kesehatan & Kecantikan)

Buah-buahan golongan citrus pada umumnya mengandung vitamin C tinggi dan memiliki rasa asam. Lemon adalah salah satu buah citrus yang paling banyak digunakan sebagai makanan kesehatan. Tak bisa ditepis, manfaat lemon bagi tubuh memang luar biasa.

Buah berwarna kuning cerah dan bernama latin Citrus limon ini merupakan tanaman asli Asia, tetapi sudah banyak dibudidayakan di Eropa dan Amerika. Jika sebelumnya hanya dikonsumsi, lemon kini juga banyak digunakan untuk perawatan kecantikan.

Kandungan Nutrisi Buah Lemon

Kandungan dan Manfaat Lemon

Lemon sangat kaya akan serat dan vitamin C serta mikronutrien lain, seperti tiamin, folat, asam panthotenic, kalsium, magnesium, dan tembaga. Komposisi nutrisi yang terkandung dalam satu buah lemon (tanpa kulit) adalah sebagai berikut.

  • Kalori : 24 kalori
  • Karbohidrat : 7,8 gram
  • Protein : 0,9 gram
  • Lemak : 0,3 gram
  • Serat makanan : 2,4 gram
  • Vitamin C : 44,5 miligram (74% kebutuhan harian tubuh)
  • Kalium : 116 miligram (3% kebutuhan harian tubuh)
  • Zat Besi : 0,5 miligram (3% kebutuhan harian tubuh)
  • Vitamin B6 : 0,1 miligram (3% kebutuhan harian tubuh)

Kebanyakan orang mengonsumsi lemon dengan cara dibuat jus. Jus lemon yang dibuat dari setengah buah lemon dan segelas air mengandung 6 kalori; karbohidrat 2 gram; protein 0,1 gram; 0,1 gram serat makanan; 10,8 mg vitamin C; dan sedikit kalium serta folat.

Manfaat Lemon untuk Kesehatan

Manfaat Lemon untuk Kesehatan

freshfruitportal.com

Untuk mendapatkan manfaat buah lemon untuk kesehatan, Anda bisa mengolahnya menjadi jus (memeras sarinya dan dicampur dengan air) atau infused water, yaitu rendaman lemon. Tapi, jangan gunakan air yang terlalu dingin karena vitamin C tidak bisa menyatu dengan air.

Berikut ini beberapa manfaat lemon untuk menjaga kesehatan tubuh.

1.Mengatasi Maag

Banyak yang berpendapat, lemon berbahaya untuk lambung. Padahal, rasa asam jeruk lemon justru baik untuk menetralkan asam lambung, meredakan nyeri lambung, dan melarutkan bakteri jahat di usus dan dinding lambung.

2. Mencegah Kanker

Penelitian mengenai khasiat lemon untuk kanker sudah banyak dilakukan. Hasilnya menunjukkan, d-limonene yang terdapat pada lemon sangat berperan dalam menurunkan jumlah sel kanker.

3. Mengurangi Berat Badan

Lemon sangat direkomendasikan untuk diet karena mengandung serat pektin yang mudah larut dan mengembang di dalam lambung sehingga perut kenyang lebih lama. Minum air lemon hangat di pagi hari saat perut kosong juga sangat efektif menurunkan berat badan.

4. Mencegah Penyakit Jantung

Makan buah yang mengandung vitamin C tinggi bisa mengurangi risiko penyakit jantung dan strok. Selain itu, senyawa hesperidin dan diosmin pada lemon akan menurunkan kadar kolesterol jahat yang merupakan pemicu penyakit jantung dan strok.

5. Mencegah Terbentuknya Batu Ginjal

Asam sitrat pada lemon diyakini sangat penting untuk mengatasi masalah ginjal. Dengan minum setengah gelas jus lemon per hari, tubuh Anda akan terlindung dari senyawa-senyawa yang memicu terbentuknya batu ginjal.

6. Mencegah Anemia

Lemon berkhasiat mencegah anemia karena selain sebagai sumber zat besi, kandungan vitamin C dan asam sitrat pada lemon mampu meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi dari makanan nabati.

7. Baik untuk Ibu Hamil

Seperti buah lainnya, lemon pun baik untuk ibu hamil karena kaya akan nutrisi yang dibutuhkan ibu dan janin, yaitu vitamin C, folat, dan antioksidan. Namun, jangan mengonsumsi terlalu berlebihan dan selalu konsultasikan dengan dokter.

Baca Juga:

Manfaat Lemon untuk Kecantikan

Manfaat Lemon untuk Kecantikan

jonbarron.org

Memanfaatkan buah lemon untuk kecantikan juga bukan hal baru. Terbukti saat ini banyak sekali produk kecantikan yang menggunakan lemon sebagai bahan utama maupun tambahan. Namun, Anda juga bisa, kok, menggunakan buah lemon segar.

Apa saja manfaat lemon untuk merawat kecantikan dan bagaimana caranya? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

8. Menyehatkan Kulit

Setiap orang, terutama wanita, tentu menginginkan kulit bercahaya, lembut, dan bebas kerutan. Semua bisa dapatkan jika Anda rajin merawatnya dengan lemon, si buah anti penuaan dini. Antioksidannya akan melawan semua efek buruk radikal bebas pada kulit.

9. Mengangkat Komedo

Kebaikan buah lemon juga bisa Anda manfaatkan untuk wajah. Lemon mengandung asam alpha hydroxil yang mampu mengeluarkan komedo dari dalam pori-pori. Potong lemon menjadi dua bagian, lalu oleskan langsung ke wajah. Tunggu selama 5 menit, lalu bilas dengan air dingin.

10. Mencerahkan Warna Kulit

Lemon bisa bermanfaat untuk kulit, baik kulit wajah maupun tubuh. Terlalu sering terpapar sinar matahari bisa menyebabkan kulit menjadi gelap. Untuk mengembalikan warna kulit, gosokkan potongan buah lemon pada kulit yang gelap, termasuk ketiak dan belakang lutut.

Anda juga bisa mengoleskan campuran air lemon dengan minyak kelapa untuk mendapatkan dua manfaat sekaligus. Minyak kelapa berguna untuk menghidrasi kulit, sedangkan lemon berfungsi membersihkan sel kulit mati. Hasilnya, kulit jadi lembap dan cerah.

11. Menyuburkan Rambut

Khasiat lemon untuk rambut juga tak kalah menakjubkan. Vitamin C tinggi pada lemon berguna untuk menguatkan akar rambut. Anda bisa membuat ramuan lemon dan minyak zaitun atau minyak kelapa, lalu oleskan ke kulit kepala sambil dipijat. Lakukan secara rutin.

12. Menguatkan Kuku

Ingin punya kuku sehat dan cantik tapi tak sempat ke salon? Mudah, ambil saja buah lemon, peras airnya, lalu tambahkan minyak zaitun. Gunakan campuran ini untuk merendam kuku Anda. Cara ini berguna untuk mengatasi kuku rapuh, kering, atau berwarna kekuningan.

Selain keduabelas manfaat lemon di atas, masih banyak khasiat lemon yang bisa Anda rasakan. Namun, pastikan Anda tidak mengalami kondisi tertentu yang mungkin bisa menimbulkan efek samping jika mengonsumsi lemon.

Leave a Reply