Manfaat Alpukat untuk Kesehatan

19 Manfaat Alpukat untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Jarang Diketahui

Buah alpukat terbilang unik. Tak seperti buah lain yang banyak mengandung karbohidrat, alpukat mengandung banyak lemak baik. Kandungan inilah yang membuat manfaat alpukat sangat bervariasi, mulai dari pengobatan hingga urusan kecantikan.

Meski rasanya cenderung hambar, alpukat banyak dicari. Salah satu alasannya adalah karena kandungan gulanya yang rendah. Teksturnya yang lembut dan creamy juga membuat buah ini banyak disuka, baik untuk dimakan maupun dibuat minuman yang nikmat dan menyehatkan.

Apa Saja Kandungan Nutrisi Buah Alpukat?

Manfaat Alpukat untuk Bayi

Lima nutrien terbanyak dalam alpukat adalah vitamin K, folat, vitamin C, kalium, dan vitamin B5. Alpukat tidak mengandung kolesterol dan garam, sangat rendah karbohidrat, tetapi kaya akan lemak baik dan serat.

Hal yang menarik, alpukat mengandung kalium yang lebih tinggi daripada pisang. Dalam 100 gram alpukat terkandung kalium yang bisa memenuhi 14% kebutuhan harian, sedangkan pada pisang hanya 10%.

Buah alpukat sangat kaya gizi karena mengandung lemak sehat, serat, serta lebih dari 20 jenis vitamin dan mineral.

Lemak yang terdapat pada alpukat didominasi asam oleat yang juga merupakan komponen utama minyak zaitun dan sudah tak diragukan lagi manfaatnya untuk kesehatan.

Manfaat alpukat lainnya yang tak kalah penting adalah minyak alpukat, tidak mudah teroksidasi pada suhu tinggi, sehingga sangat baik untuk memasak.

Manfaat Mengonsumsi Alpukat untuk Kesehatan

Manfaat Alpukat untuk Diet
thespruceeats.com

Berlimpahnya zat gizi yang terdapat baik pada daging maupun biji alpukat membuat buah ini memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh dan untuk pengobatan berbagai penyakit.

1. Menurunkan Risiko Penyakit Kardiovaskular

Alpukat mengandung beta-sitosterol yang mengontrol kadar kolesterol, sedangkan kalium berguna untuk menjaga tekanan darah dan irama jantung.

2. Memperbaiki Pencernaan

Serat alpukat akan memperlambat proses pencernaan dan merangsang produksi enzim sehingga nutrisi terserap sempurna.

3. Memperbaiki Penglihatan

Kandungan karotenoid dan antioksidan dalam alpukat bisa menetralisir dampak radikal bebas pada penglihatan.

4. Mengatasi Radang Sendi

Kombinasi alpukat dan suplemen berbahan kedelai mampu mengatasi radang sendi karena mengandung flavonoid, karotenoid, dan fitosterol.

5. Penting untuk Ibu Hamil

Alpukat sangat disarankan untuk ibu hamil. Kandungan vitamin B6-nya dapat meringankan mual dan muntah. Alpukat juga mampu memenuhi kebutuhan vitamin K ibu hamil agar kelak bayi tidak mengalami pendarahan akibat defisiensi vitamin K.

6. Bersifat Antikanker

Pertumbuhan sel kanker dapat dihambat dengan mengonsumsi alpukat karena buah ini mengandung karotenoid, antioksidan, dan glutation.

7. Menguatkan Tulang

Alpukat mengandung zeaxanthin dan lutein serta beberapa mineral penting yang berguna untuk menambah kepadatan tulang.

8. Membantu Penyerapan Nutrisi

Jika dikonsumsi bersamaan, lemak alpukat mampu meningkatkan penyerapan zat karotenoid dari buah dan sayuran lain hingga 5 kali lipat.

9. Menurunkan Kadar Gula Darah

Ekstrak daun alpukat dapat menurunkan kadar gula darah dengan cara memperlambat proses pengubahan makanan menjadi gula.

10. Menurunkan Berat Badan

Selain jus alpukat, guacamole adalah salah satu menu untuk diet berbahan alpukat yang sangat terkenal. Untuk menambah cita rasa, gunakan alpukat mentega.

11. Menjaga Kesehatan Bayi

Alpukat sangat baik untuk ibu menyusui. Dengan mengonsumsi alpukat, kualitas ASI menjadi lebih baik karena mengandung omega-3 yang penting untuk kecerdasan bayi.

Selain itu, alpukat juga sangat disarankan untuk bayi sebagai makanan pendamping ASI. Seratnya baik untuk kesehatan usus dan mangan dibutuhkan untuk fungsi otak dan saraf bayi.

Baca Juga:

Manfaat Alpukat untuk Perawatan Kecantikan

Manfaat Alpukat untuk Kecantikan
solusicantiksehat.com

Alpukat mengandung banyak vitamin dan mineral esensial yang berkhasiat untuk kulit, rambut, bibir, dan kuku. Beberapa senyawa penting dalam alpukat yang berguna untuk kecantikan adalah karotenoid, minyak alpukat, beta karoten, dan likopen.

12. Mencegah Penuaan Dini

Zeaxanthin dan lutein merupakan senyawa antioksidan yang berguna mencegah penuaan dini dengan memberikan perlindungan dari sinar UV.

Anda bisa mengonsumsi alpukat atau mengaplikasikan minyak alpukat langsung ke wajah.

13. Membersihkan Make-Up

Minyak dalam alpukat merupakan pembersih make-up yang sangat efektif, sekaligus aman dan sehat. Oleskan kapas ke atas potongan alpukat hingga minyaknya meresap ke dalam kapas, lalu gunakan untuk membersihkan make-up.

14. Menutrisi Mata

Minyak alpukat juga berguna untuk menutrisi mata karena sangat kaya akan lemak sehat serta vitamin A dan E. Setelah membersihkan make-upe, pijat lembut area seputar mata agar minyak meresap, baru dibilas.

15. Menyehatkan Kulit Wajah

Alpukat bisa dibuat menjadi masker wajah dengan berbagai manfaat. Untuk wajah berjerawat, buatlah campuran alpukat dengan madu dan yoghurt. Campuran ini sangat baik untuk wajah karena mampu membunuh bakteri, mengangkat sel kulit mati, dan melembabkan kulit.

16. Menghaluskan Kulit

Anda bisa membuat scrub alami dengan mencampurkan alpukat, madu, minyak zaitun, dan gula kristal. Ramuan ini akan membersihkan, melembapkan, dan menghaluskan kulit.

17. Merawat Bibir

Anda juga bisa merasakan manfaat alpukat dengan membuat scrub untuk bibir dengan mencamputkannya dengan setetes minyak peppermint. Scrub bibir ini akan membuat mencerahkan bibir dan melancarkan aliran darah ke bibir, sekaligus menyegarkan napas.

18. Merawat Rambut

Alpukat mengandung biotin yang merupakan vitamin penting untuk pertumbuhan rambut. Anda bisa membuat masker untuk rambut dari campuran alpukat, minyak zaitun, dan lemon untuk melembapkan rambut dan mengatasi ketombe.

19. Merawat Kuku

Gunakan campuran alpukat setengah matang dan pisang yang kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral untuk merawat kuku.

Efek Samping Konsumsi Alpukat

Efek Samping Buah Alpukat
premierfamilywellness.com

Alpukat akan memberikan manfaat yang optimal jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. Sebaliknya, mengonsumsi alpukat secara berlebihan akan menimbulkan efek samping, berupa migrain, mual, muntah, dan sensitif terhadap cahaya.

Pada dasarnya, seluruh bagian daging alpukat baik untuk dikonsumsi. Namun, untuk mendapatkan manfaat alpukat secara maksimal, ambil daging alpukat hingga ke bagian yang menempel pada kulitnya. Jangan sampai ada yang terbuang.

Leave a Reply