17 Manfaat Buah Nanas untuk Anda yang Ingin Sehat dan Cantik

Bagi orang Indonesia, buah nanas bukanlah tanaman asing. Nanas dikonsumsi dalam banyak cara, sebagai buah segar, dibuat selai, sambal, saus masakan, atau sebagai campuran rujak buah. Namun, mungkin banyak yang belum tahu manfaat buah nanas yang ternyata luar biasa.

Nanas merupakan tumbuhan tropis yang berasal dari Brazil. Sebagaimana buah tropis pada umumnya, nanas memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik.

Komposisi Nutrisi Buah Nanas

Manfaat Buah Nanas Bagi Wania

Seperti kebanyakan buah, nanas termasuk makanan rendah kalori, tetapi bernutrisi. Komposisi zat-zat gizi utama 165 gram buah nanas adalah:

  • Kalori: 82,5
  • Lemak: 1,7 gram
  • Protein: 1 gram
  • Karbohidrat: 21,6 gram
  • Serat: 2,3 gram
  • Vitamin C: 131% kebutuhan harian tubuh
  • Mangan: 76% kebutuhan harian tubuh

Tampak bahwa vitamin C dan mangan pada nanas cukup tinggi. Vitamin C sangat penting untuk tumbuh-kembang, daya tahan tubuh, dan meningkatkan penyerapan zat besi, sedangkan mangan dibutuhkan untuk pertumbuhan, metabolisme, dan bersifat antioksidan.

Zat gizi lain yang juga terkandung dalam nanas adalah vitamin A, B6, dan K, thiamin, folat, kalium, magnesium, niasin, zat besi, dan riboflavin.

Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan

Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan
lifealth.com

Kabar gembira untuk Anda penggemar nanas karena buah ini ternyata memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.

Vitamin C, bromelain, dan antioksidan adalah tiga komponen utama pada buah nanas yang paling berperan dalam menjaga kesehatan tubuh.

Apa saja manfaat tersebut? Simak penjelasan di bawah ini.

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Asam askorbat pada nanas merangsang sel darah putih menjadi lebih aktif dan merupakan antioksidan yang ampuh melawan radikal bebas.

2. Memperkuat Tulang

Nanas kaya akan mangan. Mineral ini akan mengaktifkan enzim tertentu untuk menjaga kesehatan tulang.

3. Menyehatkan Mata

Penurunan fungsi penglihatan pada manula dapat dicegah dengan mengonsumsi nanas karena buah ini mengandung beta-carotene.

4. Melancarkan Pencernaan

Nanas segar mengandung serat yang merangsang produksi enzim pencernaan sehingga Anda terhindar dari berbagai gangguan pencernaan, seperti konstipasi, diare, dan radang usus.

5. Mencegah Kanker

Inilah manfaat buah nanas yang tak kalah penting. Antioksidan, beta-carotene, bromelain, flavonoid, dan mangan merupakan nutrien yang membantu mengurangi risiko kanker.

6. Mengurangi Peradangan

Di Eropa, bromelain pada nanas digunakan untuk menyembuhkan luka operasi, radang akibat trauma, luka bakar, serta radang sendi dan otot.

7. Melancarkan Sirkulasi Darah

Nanas mengandung kalium untuk mencegah tersumbatnya aliran darah dan mengontrol tekanan darah serta tembaga yang penting dalam pembentukan sel darah merah.

Buah nanas juga bermanfaat untuk kolesterol. Seratnya berkhasiat menurunkan kadar kolesterol jahat sehingga membantu melancarkan sirkulasi darah.

8. Mengontrol Diabetes

Kandungan serat yang tinggi mampu menurunkan kadar gula darah. Namun, karena mengandung sedikit gula, konsumsinya harus dibatasi.

9. Meningkatkan Kesuburan

Kandungan vitamin C, beta-carotene, seng, dan folat dalam buah nanas sangat penting untuk pria maupun wanita karena dapat meningkatkan kesuburan.

10. Meluruhkan Batu Ginjal

Enzim bromelain berkhasiat melancarkan pencernaan dan mencegah pembekuan darah yang berpengaruh pada pembentukan batu ginjal.

11. Mengurangi Kadar Asam Urat

Bromelain juga memiliki manfaat untuk asam urat karena mampu mengurangi kadar asam urat berlebih dalam tubuh.

Manfaat Buah Nanas untuk Kecantikan

Manfaat Buah Nanas untuk Kecantikan
kawaiibeautyjapan.com

Buah nanas mengandung zat-zat aktif yang baik untuk kecantikan. Berikut ini manfaat yang bisa Anda dapatkan dari buah nanas untuk merawat kecantikan.

12. Merawat Kulit Wajah

Wajah adalah bagian paling penting dalam penampilan seseorang. Bagi wanita, merawat kulit wajah adalah sebuah keharusan. Bagi Anda yang lebih menyukai pemakaian bahan alami, cobalah memanfaatkan buah nanas.

Adapun kegunaan buah nanas untuk kecantikan di antaranya mengatasi jerawat, mengobati jerawat, melembutkan dan mencerahkan kulit, mengecilkan pori-pori, dan mengontrol minyak.

13. Menyehatkan Rambut

Memiliki rambut indah memang membutuhkan perawatan, tetapi tidak berarti harus pergi ke salon mahal. Cukup dengan memblender ¼ buah nanas dan mengoleskannya ke rambut dan kulit kepala sebelum keramas. Anda akan merasakan hasilnya.

14. Merawat Keindahan Kaki

Cuaca panas, debu, dan kotoran bisa mengakibatkan kaki pecah-pecah. Manfaatkan campuran antara buah nanas, lemon, apel, anggur yang sudah dikupas, garam, dan adas manis untuk mengatasinya. Gosokkan pada kaki yang pecah-pecah, diamkan 30 menit, lalu bilas.

15. Merawat Kecantikan Kuku

Ternyata, Anda juga bisa mendapatkan manfaat buah nanas untuk kuku. Agar halus dan sehat, kuku membutuhkan vitamin A dan B yang keduanya terdapat dalam buah nanas.

16. Melembutkan Bibir

Menggosokkan potongan buah nanas ke bibir dapat membuat bibir Anda terasa lebih lembut dan cerah. Namun, jangan lakukan saat bibir Anda pecah-pecah atau berdarah karena akan terasa perih.

17. Menurunkan Berat Badan

Selain kaya serat, nanas juga manis dan segar sehingga bisa dijadikan menu yang enak untuk diet sehat Anda. Anda bisa memakannya secara langsung, dibuat jus dengan tambahan madu, atau cara lainnya.

Baca Juga:

Efek Samping Konsumsi Buah Nanas

Efek Samping Konsumsi Buah Nanas

parenting.co.id

Di samping manfaatnya yang begitu berlimpah, nanas juga bisa mendatangkan beberapa efek samping yang tidak diharapkan, yaitu:

  • Muncul reaksi alergi yang biasanya hilang dalam beberapa jam.
  • Meningkatkan kadar gula darah karena mengandung karbohidrat dan gula cukup tinggi, terutama nanas madu.
  • Timbul pendarahan jika nanas dikonsumsi bersamaan dengan obat pengencer darah akibat reaksi obat dengan bromelain.
  • Nyeri dada, hidung berdarah, menggigil, demam, dan pusing akibat reaksi nanas dengan obat antibiotik.
  • Kerusakan gigi akibat rasa asam, terutama nanas muda.
  • Untuk ibu hamil, konsumsi nanas berlebihan bisa membahayakan kandungan.

Mulai sekarang, Anda bisa mulai mengonsumsi nanas dengan tetap memperhatikan efek sampingnya. Konsumsilah secara tepat agar Anda dapat menikmati manfaat buah nanas secara optimal.

Leave a Reply