5 Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan Ibu Hamil

MANFAAT BUAH KURMA – Kurma adalah salah satu jenis buah yang berasal dari negara Timur Tengah, seperti Arab Saudi, Mesir, dan Palestina. Kurma selain memiliki rasa manis ternyata juga memiliki keunikan yakni tidak mengandung minyak saat dimakan.

Uniknya lagi bahwa kurma hanya bisa tumbuh dan berbuah di daerah dengan iklim panas. Seperti negara yang kami sebutkan di atas. Meskipun bentuk kurma kecil akan tetapi memiliki manfaat yang sangat besar untuk kesehatan. Salah satu diantaranya adalah untuk ibu hamil.

Bagi ibu hamil menjaga kesehatan tubuh dan janin adalah prioritas utama. Karena bila tubuh sang ibu sakit akan berdampak juga pada kesehatan janin.

Fakta medis menyebutkan bahwa kurma mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk menjaga kesehatan, stamina dan energi bagi ibu hamil. Oleh karenanya dokter atau ahli gizi menyarankan kepada ibu hamil untuk sering mengkosumsi kurma, baik itu dalam bentuk buah ataupun yang sudah menjadi olahan.

Berikut kami lampirkan kandungan gizi yang dimiliki buah kurma:

Air (18,27 mg), energi (251 kkal), vitamin A (9 IU), protein (2,81 g), vitamin B1 (0,046 mg), karbohidrat (66,78 g), vitamin B2 (0,059 mg), serat (7,1 g), vitamin B3 (1,134 mg), gula (56,38 g), vitamin B5 (0,525 mg), total lemak (0,35 g), vitamin B6 (0,147 mg). Lemak jenuh (0,0028 g), vitamin B9 (17 mcg), mufa (0,0032 g), vitamin B12 (0,1 mcg), pufa (0,017 g), vitamin C (0,4 mg), kolesterol (0,1 mg), vitamin E (0,04 mg), vitamin K (2,4 mcg), kalsium (35 mg), zat besi (0,91 mg), beta karoten (5 mcg), magnesium (38 mg), fosfor (55 mg), likopen (0,1 mcg), kalium (484 mg), lutein dan zeaxantin (67 mcg), sodium (2 mg), seng (0,26 mg).

Tahukan bunda apa saja manfaat kurma bagi ibu hamil? Nah, berikut 5 manfaat kurma bagi ibu hamil yang kami kumpulkan dari berbagai sumber.

1. Menambah Energi

manfaat kurma muda untuk ibu hamil

pixabay.com

Di dalam satu buah kurma mengandung glukosa yang sangat banyak. Glukosa ini berperan dalam memberikan energi bagi tubuh di saat kita sedang bekerja atau beraktifitas.

Oleh karenanya jangan heran kenapa para ahli gizi menyarankan kepada para ibu hamil untuk mengkonsumsi kurma minimal 10 buah sehari.

2. Meningkatkan Fungsi Saraf

Selain glukosa, kurma mengandung juga kalium. Kalium ini berfungsi dalam meningkatkan fungsi saraf pada otak. Sehingga apabila sang ibu mengkonsumsi kurma maka bisa meningkatkan kecerdasan otak dan mempertajam daya ingat.

Tidak hanya bagi sang ibu namun juga akan berefek kepada janin. Janin akan lebih tanggap dan menjadi lebih cerdas saat lahir.

3. Menguatkan Fungsi Tulang

Tulang merupakan salah satu organ paling penting dalam tubuh. Tanpa tulang kita tidak akan bisa berdiri tegak. Salah satu cara agar dapat meningkatkn fungsi tulang adalah dengan mengkonsumsi kurma.

Ketika bayi telah lahir tentu tulangnya masih rapuh. Dengan mengkonsumsi kurma inilah tulang pada bayi akan menjadi lebih kuat. Cara tepat pemberian nutrisi kepada bayi baru lahir adalah melalui ASI.

4. Membantu dalam Pembentukan Gigi

Mineral yang berperan penting dalam pembentukan gigi adalah kalsium. Kalsium dapat ditemukan di dalam buah kurma. Dengan mengkonsumsi kurma, secara tidak langsung akan merangsang pertumbuhan gigi bagi janin.

Oleh karena itu dokter menyarankan kepada sang ibu. Agar sang anak cepat tumbuh giginya, maka sebaiknya sang ibu mengkonsumsi buah kurma ketika sedang hamil.

5. Mengatasi Kekurangan Darah

manfaat buah kurma untuk ibu hamil

pixabay.com

Kurma juga berkhasiat dalam mengatasi dan menjaga sistem pencernaan tubuh. Ketika dalam masa kehamilan, sang ibu sering mengalami masalah pencernaan. Sehingga berdampak pada menurunnya darah dalam tubuh.

Untuk mengatasi hal ini maka sang ibu dianjurkan untuk mengkonsumsi kurma. Karena kurma mengandung gula murni yang kaya serat. Lambung dan usus akan segera memproses kandungan gula murmi tersebut agar bisa digunakan untuk beraktifitas.

Selain bermanfaat untuk ibu hamil, kurma juga punya khasiat untuk menyuburkan kandungan, lo. Tapi bukan dari buah kurma yang sudah matang, melainkan dari ekstrak bunga kurma yang diramu dengan berbagai herbal lain, seperti ekstrak barucina, ekstrak kemangi dan madu lebah. Dari perpaduan herbal inilah yang akhirnya diracik menjadi madu penyubur kandungan. Sangat direkomendasikan untuk bunda yang kesulitan mendapat momongan.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply