Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan

17 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan, Diet dan Kecantikan!

Buah-buahan dari jenis sitrus terkenal memiliki manfaat untuk tubuh, termasuk jeruk nipis. Bahkan, orang Indonesia sudah sejak lama mengetahui manfaat jeruk nipis. Selain membuat masakan terasa segar, jeruk nipis juga merupakan obat alami untuk berbagai jenis penyakit.

Meski rasanya asam dan sedikit pahit, orang tidak segan mengonsumsinya dengan berbagai cara. Bahkan, pada perkembangannya, pemanfaatan jeruk bernama ilmiah Citrus aurantifolia ini semakin luas. Bukan hanya untuk kesehatan, melainkan juga untuk kecantikan.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan

Jeruk nipis mengandung vitamin C, karbohidrat, serat, protein, vitamin A, E, dan K, kalsium, asam folat, magnesium, kalium, kolin, dan fosfor. Daging buah, biji, maupun kulit jeruk nipis memiliki kandungan yang berguna untuk mengatasi penyakit-penyakit berikut ini:

1. Infeksi Virus dan Bakteri

Jeruk nipis mampu melawan virus flu, gondongan, cacar, serta infeksi saluran pencernaan dan perapasan. Mengonsumsi jeruk nipis juga efektif mengobati penyakit akibat bakteri, seperti diare, keracunan makanan, kolera, tifus, juga infeksi bakteri pada usus dan saluran kencing.

2. Demam

Demam merupakan gejala pada hampir semua penyakit dan sangat mengganggu. Kandungan vitamin C yang tinggi pada jeruk nipis mampu menurunkan suhu tubuh secara alami.

3. Dehidrasi

Selain menyegarkan, segelas jus jeruk nipis juga sangat efektif mengatasi dehidrasi dengan cepat, termasuk menghilangkan gejalanya, seperti sakit kepala dan muntah-muntah.

4. Gusi Berdarah

Jeruk nipis mengandung senyawa flavonoid yang mampu menghambat pertumbuhan kuman dan menyembuhkan luka, termasuk gusi berdarah.

5. Maag dan Tukak Lambung

Sari jeruk nipis merangsang proses detoksifikasi sistem pencernaan sehingga tukak lambung lebih cepat sembuh. Jeruk nipis juga bergunaan untuk maag karena merangsang kelenjar di permukaan dinding lambung untuk menghasilkan lendir yang melindunginya dari iritasi.

6. Asam Urat

Asam sitrat dalam air jeruk nipis akan melarutkan asam urat dan membuangnya lewat urine. Zat antiradang-nya meringkankan rasa sakit dan peradangan.

7. Penyakit Kardiovaskuler

Kandungan serat larut dan hesperidin dalam jeruk nipis berkhasiat menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol.

8. Batu Ginjal

Dibandingkan jeruk atau anggur, air perasan jeruk nipis segar mengandung asam sitrat yang lebih tinggi dan berguna mencegah pembentukan kristal kalsium atau batu ginjal.

9. Diabetes

Jeruk nipis mengandung serat larut yang mengatur penyerapan gula ke dalam darah dan memiliki indeks glikemik rendah.

10. Kanker

Senyawa limonoid di dalam jeruk nipis bersifat antikarsinogenik yang bisa mencegah terjadinya kanker kolon, darah, dan perut.

11. Anemia

Vitamin C yang tinggi pada jeruk ini mampu meningkatkan penyerapan zat besi, sehingga Anda terhindar dari anemia.

12. Gangguan Pernapasan

Minyak kulit jeruk nipis mengandung kamper. Anda bisa memeras kulit jeruk nipis dan menghirup aromanya untuk melegakan pernapasan.

13. Ambeien

Jika tidak diobati, ambeien bisa memicu kanker. Anda bisa mengonsumsi jeruk nipis untuk mencegah sembelit yang merupakan penyebab ambeien.

Baca Juga:

Manfaat Jeruk Nipis untuk Wanita

Manfaat Jeruk Nipis untuk Wanita

amoretti.com

Satu buah jeruk mengandung 22 miligram kalsium dan 5 mikrogram asam folat. Keduanya merupakan nutrisi yang sangat vital untuk wanita usia produktif, maupun yang sudah memasuki masa menopause.

Jeruk nipis juga bermanfaat untuk diet dan merawat kecantikan wanita. Vitamin C alaminya berperan penting dalam pembentukan kolagen yang dapat menjaga kecantikan wajah, kulit, dan rambut.

14. Menurunkan Berat Badan

Perasan jeruk nipis sangat baik untuk diet karena sangat rendah kalori dan mengandung asam sitrat yang mampu membakar lemak. Untuk menurunkan berat badan, minumlah segelas campuran jeruk nipis, air hangat, dan madu organik sebelum tidur.

Anda bisa merasakan manfaat jeruk nipis untuk diet dengan banyak cara. Contohnya adalah dengan menambahkan jeruk nipis sebagai topping ikan kukus, campuran teh, atau bumbu masakan.

15. Merawat Kecantikan Wajah

Jeruk nipis mengandung zat-zat yang bermanfaat untuk wajah. Anda bisa menggunakannya dengan cara dioleskan langsung atau dibuat masker untuk merawat kecantikan wajah, manfaatnya antara lain:

  • Menyamarkan noda hitam;
  • Mengobati jerawat karena kulit;
  • Mencegah penuaan dini;
  • Mengecilkan pori-pori;

16. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat buah sitrus seperti jeruk nipis untuk kulit sudah tidak diragukan lagi, baik dengan cara diminum maupun dioleskan langsung ke kulit. Kandungan antioksidan, asam sitrat, dan flavonoid dalam jeruk nipis bermanfaat untuk:

  • Mencerahkan warna kulit;
  • Membuat kulit bercahaya;
  • Melindungi kulit dari infeksi;
  • Mengatasi ruam kulit.

17. Memelihara Keindahan Rambut

Tak hanya untuk wajah dan kulit, air perasan dan kulit jeruk nipis juga memiliki manfaat untuk rambut, yaitu:

  • Menghilangkan ketombe;
  • Mengatasi rambut berminyak;
  • Menyuburkan rambut;
  • Membuat rambut berkilau.

Manfaat Campuran Jeruk Nipis dan Madu

Manfaat Jeruk Nipis dan Madu

thelovenerds.com

Salah satu cara memanfaatkan jeruk nipis adalah mencampurnya dengan madu. Adapun manfaat kombinasi jeruk nipis dan madu adalah:

  • Melancarkan sistem pencernaan;
  • Menciptakan suasana basa di dalam lambung;
  • Menghidrasi sistem limfa;
  • Meningkatkan imunitas;
  • Menambah energi;
  • Mengurangi kadar asam dalam tubuh, termasuk asam urat;
  • Membersihkan darah.

Efek Samping Konsumsi Jeruk Nipis

Efek Samping Konsumsi Jeruk Nipis

grid.id

Meskipun manfaat jeruk nipis terbukti sangat banyak, Anda tetap harus berhati-hati dalam penggunaannya. Jika caranya kurang tepat dan bagi penderita penyakit tertentu, minum air jeruk nipis dapat menyebabkan efek samping yang kurang baik, yaitu:

  • Menyebabkan GERD dan iritasi lambung;
  • Kerusakan gigi;
  • Mengganggu pertumbuhan janin;
  • Hemokromatosis.
  • Pada penderita penyakit ginjal, jeruk nipis justru membuat kondisinya semakin parah.

Memanfaatkan bahan alami untuk menjaga kesehatan dan kecantikan jauh lebih aman daripada menggunakan produk yang mengandung bahan kimia. Di samping itu, Anda dapat merasakan manfaat jeruk nipis dengan cara yang mudah dan murah. Selamat mencoba!

Leave a Reply