Manfaat Tomat untuk Jantung

11 Manfaat Tomat yang Menakjubkan (untuk Kesehatan dan Kecantikan)

Tomat sangat mudah ditemukan dalam berbagai jenis makanan, baik dalam bentuk segar maupun olahan, seperti pasta dan saus. Bahkan, karena manfaat tomat terbukti luar biasa, buah ini tak hanya dikonsumsi, tetapi juga digunakan sebagai bahan perawatan kecantikan.

Selain karena nutrisinya sangat baik, pemanfaatan tomat sangat luas dan bervariasi karena tanaman ini sangat mudah dibudidayakan. Anda bahkan bisa menanamnya sendiri di rumah sehingga bisa mendapatkan manfaatnya kapan saja dan gratis, tentunya.

Apa Saja Zat Gizi yang Ada pada Tomat?

Kandungan Gizi dan Manfaat Tomat

Tomat memiliki kandungan zat gizi yang cukup lengkap. Namun, ada dua hal yang paling utama dari tomat dan menjadikannya buah yang kaya manfaat. Pertama, kandungan vitamin dan mineral yang sangat kaya. Kedua, sifatnya sebagai antioksidan.

Kandungan vitamin pada tomat terdiri dari vitamin A, B6, C, dan K. Adapun kandungan mineralnya terdiri dari kalium, mangan, magnesium, fosfor, dan tembaga. Selain itu, tomat juga merupakan sumber folat, tiamin, dan serat diet.

Dengan makan satu buah tomat, Anda sudah mampu memenuhi 40% kebutuhan harian vitamin C. Fungsi vitamin C sendiri adalah sebagai antioksidan alami yang sangat penting untuk memperkuat sistem pertahanan tubuh dalam menangkal efek radikal bebas.

Sebagaimana buah berwarna merah lainnya, tomat juga kaya akan senyawa organik likopen, antioksidan yang sangat kuat. Likopen sangat direkomendasikan untuk menangkal radikal bebas penyebab kanker, khususnya kanker payudara dan kanker prostat.

Khasiat Tomat untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Tomat untuk Jantung

internethaber.com

Mengonsumsi tomat sangat dianjurkan, baik untuk pria maupun wanita. Namun, jika buah lain umumnya lebih baik dikonsumsi dalam keadaan mentah, tomat justru sebaliknya. Khasiat tomat justru akan lebih maksimal jika tomat sudah mengalami proses pemanasan.

Adapun kegunaan tomat untuk kesehatan tubuh di antaranya:

1. Melindungi Jantung

Minum jus tomat secara rutin akan menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat dan trigliserida di dalam darah sehingga mencegah timbulnya penyakit kardiovaskuler.

2. Menetralisir Dampak Asap Rokok

Tomat mengandung asam coumaric dan chlorogenic yang berguna melawan efek negatif dari senyawa nitrosamin, yaitu senyawa karsinogen utama yang terdapat dalam rokok.

3. Baik untuk Mata

Kandungan vitamin A pada tomat sangat baik untuk mencegah rabun senja serta degenerasi makula. Beberapa gangguan penglihatan disebabkan radikal bebas sehingga bisa diatasi dengan konsumsi tomat yang mengandung antioksidan.

4. Memperbaiki Sistem Pencernaan

Banyak masalah pencernaan yang dapat diatasi dengan tomat, seperti konstipasi dan diare. Kandungan seratnya yang tinggi merangsang gerakan peristaltik usus. Tomat juga memiliki kemampuan untuk mengeluarkan racun yang terdapat di usus.

5. Menstabilkan Tekanan Darah

Kandungan kalium pada tomat tergolong tinggi sehingga mampu mengurangi ketegangan pada pembuluh darah. Dengan begitu, aliran darah akan kembali lancar dan hipertensi pun dapat dihindari.

6. Melawan Kanker

Seperti dikemukakan di atas, tomat bersifat antioksidan yang cukup kuat, terutama berasal dari kandungan vitamin C dan likopennya. Beberapa studi menunjukkan adanya keterkaitan antara likopen dengan penurunan kejadian kanker pada prostat, ovarium, paru, dan perut.

7. Mengontrol Berat Badan

Tomat juga bisa Anda pilih sebagai salah satu buah untuk diet menurunkan berat badan. Beberapa alasannya adalah karena tomat rendah kalori dan kaya akan serat. Keduanya memiliki peran yang sangat penting dalam mengontrol berat badan.

Baca Juga:

Manfaat Tomat untuk Kaum Wanita

Manfaat Tomat untuk Kecantikan

Selain baik untuk menjaga kesehatan tubuh, tomat juga memiliki khasiat yang dahsyat untuk wanita. Berikut ini beberapa di antaranya.

8. Merawat Kecantikan Kulit

Tahukah Anda bahwa tomat memiliki segudang manfaat untuk kecantikan? Misalnya:

  • Memberikan perlindungan yang sangat baik untuk kulit dari bahaya paparan sinar UV dengan mengonsumsinya setiap hari.
  • Mengatasi sunburn dengan mengoleskan jus tomat ke kulit.
  • Mampu melawan tanda-tanda penuaan dini.

9. Memerahkan Bibir

Tomat bisa digunakan untuk memerahkan bibir secara alami dan permanen. Cukup dengan mengoleskan potongan tomat pada bibir, diamkan selama 15 menit, lalu bilas. Lakukan 2-3 kali sehari selama seminggu untuk bibir merah merona alami.

10. Merawat Kulit Wajah

Tomat merupakan salah satu buah yang direkomendasikan sebagai solusi masalah kulit wajah. Bahkan, merawat wajah dengan masker dari buah tomat setiap malam sebelum tidur menjadi rutinitas yang dianjurkan agar manfaat tomat benar-benar bisa Anda rasakan.

Adapun khasiat tomat untuk wajah adalah:

  • berfungsi sebagai astringen untuk mengecilkan pori-pori kulit;
  • mencerahkan kulit dengan kandungan vitamin C yang cukup tinggi; dan
  • mengatasi jerawat dengan perpaduan Vitamin A, B, C, dan K yang terkandung di dalamnya.

11. Mengatasi Kantung Mata

Untuk mengatasi kantung mata, hancurkan tomat dan gunakan sebagai masker, lalu bilas setelah beberapa menit. Anda juga bisa menempelkan potongan tomat yang sudah dibekukan sambil dipijat lembut selama 2-3 menit. Lakukan setiap hari selama 2-3 minggu.

12. Baik untuk Ibu Hamil

Manfaat Tomat untuk Kesehatan

Untuk dirinya sendiri, ibu hamil membutuhkan karbohidrat sebagai sumber energi, serat untuk mencegah sembelit, serta vitamin dan mineral untuk daya tahan tubuhnya.

Untuk pertumbuhan janin, ibu hamil juga memerlukan antioksidan untuk mencegah cacat janin serta asam folat untuk pembentukan saraf dan otak janin. Tomat mampu menyediakan semuanya sehingga tomat sangat dianjurkan untuk ibu hamil.

Saat membeli tomat, pilih tomat yang segar dan simpan pada suhu ruang serta terhindar dari sinar matahari langsung. Jika terpaksa disimpan dalam kulkas, keluarkan tomat 30 menit sebelum digunakan. Dengan begitu, manfaat tomat bisa Anda dapatkan secara maksimal.

Leave a Reply