9 Desain Kamar Mandi Minimalis (Fungsional nan Eksotis)

Seperti apakah desain rumah minimalis yang Anda pilih? Bila porsi terbesar ada pada ruang tengah dan kamar tidur, maka beberapa ruang lain pasti lebih kecil. Salah satu yang adalah desain kamar mandi minimalis.

Agar kamar mandi tetap nyaman meskipun kecil, pastikan dekorasi dan interior yang ada tidak menambah kesan sempit dan sesak. Beberapa contoh desain di bawah ini mungkin dapat menginspirasi Anda. Setelah itu, barulah Anda bisa memilih sendiri.

1. Bernuansa Hitam dan Abu-Abu yang Elegan

desain kamar mandi minimalis yang elegan

porcelanosa.com

Kata siapa kamar mandi harus selalu berwarna putih atau terang? Desain kamar mandi minimalis ini menunjukkan sebaliknya. Dengan tambahan kombinasi warna hitam dan abu-abu, kesan elegan pun dapat terlihat jelas.

Jangan takut bahwa desain ini akan menimbulkan kesan gelap. Untuk mengakalinya, Anda dapat melakukan beberapa strategi ini:

  • Jendela yang memadai, yaitu tidak terlalu rendah atau dengan tirai yang dapat disibakkan sesuai keinginan.
  • Cermin untuk memantulkan cahaya dari jendela.

2. Tanpa Sekat Agar Kamar Mandi Lebih Luas

desain kamar mandi minimalis tanpa sekat

Salah satu siasat agar kamar mandi kecil tidak bertambah sempit adalah mengurangi sekat. Bahkan, dengan dinding keramik dan lantai yang bertekstur matte (tebal), kamar mandi mungil ini terlihat mewah dan berkelas.

Tanpa sekat, maka akan terdapat banyak ruang bergerak di kamar mandi. Ruang lapang seperti yang terlihat dari contoh kamar mandi ini, sangat tepat untuk melengkapi desain rumah minimalis Anda.

Desain kamar mandi minimalis ini tidak perlu lagi ditambahkan dengan hiasan yang terlalu ramai. Bahkan, kamar mandi ini mungkin sekilas mengingatkan Anda akan kamar mandi di hotel dekat pantai.

3. Rak Ekstra yang Menawan

desain kamar mandi minimalis rak ekstra

Kamar mandi Anda berukuran 2×2. Pastinya Anda butuh menghemat tempat, padahal banyak perlengkapan mandi yang perlu disimpan. Caranya adalah dengan menambah rak yang cukup banyak.

Untuk itu, kabinet dengan storage atau rak ekstra dapat digunakan di kamar mandi ini. Selain itu, untuk mengurangi keribetan yang tidak perlu, inilah strategi-strategi jitu:

  • Tidak perlu terlalu banyak aksesoris di dalam kamar mandi. Bahkan, kalau bisa dekorasi harus seminim mungkin.
  • Pastikan storage atau rak dan keran di wastafel menempel sempurna pada dinding.

4. Motif pada Lantai Anti Standar

desain kamar mandi minimalis unik

Memilih bahan keramik dengan warna cat putih polos untuk kamar mandi sudah biasa. Agar tidak terlalu monoton, pilihlah kamar mandi dengan motif mozambik. Ditambah shower dan tirai, kamar mandi ini jadi terlihat mewah sekali.

Anda juga dapat menambahkan beberapa aksesoris sebagai penghias kamar mandi mungil Anda, seperti lukisan abstrak di dinding dan vas bunga di samping wastafel agar kamar mandi tambah cantik.

5. Gaya Oriental yang Menenangkan

Kamar mandi hanya berukuran 2×2? Akali saja dengan gaya oriental seperti pemandian atau spa di Negeri Sakura ini. Dengan kursi minimalis dan interior warna kayu, rasanya lebih adem dan Anda pun tahan berendam lama-lama.

Berhubung bentuk kamar mandi memanjang, sisakan ruang bergerak yang aman dengan memasang konter wastafel menempel pada satu ujung dinding dengan cara memanjang juga.

Mengikuti denah desain kamar mandi atau spa di Jepang yang asli sebagai contoh atau referensi adalah cara untuk mendapatkan desain terbaik.

6. Gaya Monokromatik nan Eksotik

desain kamar mandi minimalis gaya monokromatik

Desain ini menggabungkan tiga warna netral berdasarkan susunan gradasi, yaitu: putih, abu-abu, dan hitam. Langit-langit, satu dinding, kloset, dan wastafel berwarna putih. Lantai bisa dibuat dari marmer atau keramik berwarna hitam.

Dinding di atas wastafel juga bisa berwarna hitam atau abu-abu dari batu alam. Bila khawatir kamar mandi akan terlihat terlalu muram, Anda bisa memilih bahan yang memantulkan cahaya pada lantai dan memasang cermin di atas wastafel.

7. Desain Kamar Mandi Minimalis dengan Instalasi Kursi Ekstra

desain kamar mandi minimalis kursi ekstra

Kamar mandi minimalis ini juga unik. Instalasi kursi ekstra dengan rak penyimpanan di bagian bawah menjadi pemanis keseluruhan dekorasi. Yang pasti, model ini cocok untuk kamar mandi dengan shower dan juga berdinding keramik putih.

Agar kehadiran kursi nyaman nan fungsional ini tidak terkesan ‘makan tempat’, Anda bisa mengakali desain kamar mandi ini dengan jendela. Tambahkan pula gorden putih untuk membatasi ruang shower dari bagian lain.

8. Nuansa Temaram yang Sejuk

Ini adalah satu lagi contoh desain kamar mandi mungil dengan dominasi warna gelap atau hitam. Bila dulu model begini dianggap suram dan kotor, sekarang malah dianggap modern. Kesannya minimalis sekaligus elegan.

Kamar mandi ini akan tetap gelap bila tidak disiasati dengan pencahayaan yang memadai, baik dengan lampu berwarna putih maupun jendela yang cukup lebar untuk mengundang cahaya alami masuk.

Tambahkan dekorasi sedikit saja. Contoh: vas bunga warna cerah di samping wastafel untuk mengurangi kesan gelap pada kamar mandi.

9. Nuansa Hitam Putih dengan Keramik Unik

desain kamar mandi minimalis hitam putih

Kamar mandi bernuansa hitam dan putih terasa membosankan. Kata siapa? Anda bisa mengakalinya secara cerdas. Salah satunya adalah dengan trik nuansa keramik yang unik ini.

Daripada menggunakan tegel yang standar, gantilah dengan model heksagonal. Gunakan tegel hitam pada nyaris seluruh lantai, kecuali di bawah dan dekat bak berendam (bathtub) warna putih ini.

Kesan retro chic pun menghiasi kamar mandi minimalis ini. Selain unik, Anda pun bakal betah mandi di sini.

Keuntungan lain dari memilih desain ini adalah dana yang tidak perlu terlalu banyak dan mudah dibersihkan. Anda juga tidak perlu menambahkan dekorasi lain di sekitar kamar mandi.

Kamar mandi Anda ingin ada di dalam kamar tidur? Berarti, desain kamar tidur minimalis juga harus jadi pertimbangan. Solusinya juga sama, yaitu: jangan terlalu banyak menyimpan barang dan menambahkan dekorasi yang tidak perlu.

Contoh: selain ranjang sesuai kebutuhan (ukuran single atau double), pastikan lemari juga jangan terlalu besar. Beberapa barang dapat disimpan di dalam rak yang justru bisa dibuat sebagai bagian dari bawah tempat tidur Anda.

Rumah dengan semua yang serba mungil pasti juga membutuhkan desain pagar rumah minimalis. Mengingat lahan yang terbatas, fokuskan pada fungsi keamanannya. Bahan metal bergaris vertikal banyak dipilih untuk konsep ini.

Memilih desain kamar mandi minimalis harus memastikan kenyamanan berupa masih adanya ruang gerak, kemudahan saat membersihkan, hingga dekorasi yang enak dilihat. Sudahkah menemukan pilihan Anda?

Sumber: Hustopia.com