20+ Desain Rumah Minimalis Modern (Inspirasi Hunian Idaman)

Rumah minimalis terus meraih minat yang tinggi dari masyarakat. Model yang sederhana tapi fungsional, menjadi daya tarik dari desain rumah minimalis. Minimnya penggunaan ornamen juga menjadikan desain rumah ini lebih efisien dari sisi bujet.

Bukan cuma itu, desain rumah minimalis pun bisa diterapkan pada tipe rumah apa pun. Mulai dari rumah type 21, type 36, ataupun type 45. Bahkan, Anda pun bisa mendapatkan desain rumah mewah yang tetap menerapkan konsep minimalis.

Bila Anda sedang mencari-cari desain rumah idaman, artikel ini adalah pilihan yang tepat. Kami akan memaparkan beberapa desain rumah minimalis yang bisa Anda tiru.

1. Denah 2 Lantai 4 Kamar

desain rumah minimalis 4 kamar 2 lantai

Merancang desain rumah mewah di kawasan perkotaan memang urusan yang gampang-gampang susah. Jika Anda juga merasakan hal tersebut, cobalah meniru desain rumah 2 lantai dengan 4 kamar seperti yang ditampilkan pada gambar.

Penempatan kamar tidur yang seluruhnya berada di lantai 2 membuat pemisahan yang menguntungkan bagi pemilik rumah. Setidaknya ada 3 keunggulan desain rumah ini, yaitu:

  • Lantai 2 relatif tertutup untuk orang selain keluarga. Tamu atau kolega yang berkunjung hanya akan berada di lantai 1. Hal ini akan menjaga privasi anggota keluarga yang mungkin ingin beristirahat di dalam kamar.
  • Pemisahan antara ruang tamu dengan ruang keluarga yang cukup jauh, menjaga keamanan penghuni rumah dari orang luar yang berkunjung.
  • Ruang kerja yang dipisahkan oleh lantai dari areal bermain anak.

2. Aksen Kuning Bergaya Industrial

desain rumah minimalis aksen kuning

dwell.com

Gaya industrial pada gambar menunjukkan bangunan tampak depan dengan plafon rendah, dinding lining vertikal, dan cat berwarna gelap. Uniknya, hunian ini menambahkan aksen cat berwarna kuning terang pada daun pintu.

Meski terlihat simpel, frame jendela yang dicat putih membuat rumah berkesan lebih hidup. Hasilnya, perpaduan warna pada bangunan rumah yang membuatnya tampak cerah dan jauh dari kesan kusam.

3. Minimalis dengan Sentuhan Peternakan Modern

desain rumah minimalis gaya peternakan

tuacasa.com.br

Gaya minimalis pada gambar terlihat lebih unik dengan penambahan aksen pintu garasi ala peternakan yang dicat hitam. Untuk menghindari kesan monoton, dinding berpanel kayu horizontal berpadu dengan dinding yang dilapisi warna cat abu-abu.

Tampilan ini sangat sesuai bagi Anda yang merindukan suasana natural dan sederhana, tapi tetap terasa modern. Desain teras yang minimalis dengan jalan setapak dari garasi menuju kerumah juga menambah nuansa alami yang apik.

4. Rumah Minimalis Bertumpuk

desain rumah minimalis gaya piramida

Mengapa tampak serupa piramida? Seperti yang Anda lihat, makin ke atas bangunan hunian terlihat makin mengecil. Konsep bangunan minimalis dengan gaya tumpuk seperti ini memang terus digandrungi oleh peminat model rumah mnimalis dan modern.

Tentu saja, desain hunian tanpa pagar lebih tepat digunakan di kawasan komplek dengan sistem keamanan yang mumpuni. Namun selalu ada opsi lain yang dapat Anda lakukan.

Pertama yakni dengan memasang kamera CCTV di halaman depan dan belakang rumah. Opsi kedua adalah dengan membangun desain pagar rumah minimalis untuk privasi dan keamanan Anda.

5. Rumah Studio dengan Tampilan Industrial

desain rumah minimalis gaya studio

Sebagian orang mungkin menganggap rumah bergaya industrial terlihat kaku dan terlalu maskulin. Padahal kenyataannya, jenis hunian ini justru cocok untuk gaya hidup modern dan praktis di era sekarang ini.

Menggabungkan aksen dindin kayu bercorak hitam dan lining vertikal, bertemu dengan dinding yang dicat hitam dengan lining horizontal. Perbedaan material tampak mencolok, seakan-akan menjadi pemisah antara 2 lantai di bawah dan 1 lantai atas.

Anda pasti bisa menebak interior rumah akan menggunakan material kayu agar senada dengan tampak depan rumah. Bangunan berlantai 3 ini pun bisa memuat lebih dari 3 kamar tidur.

6. Kaca Etalase untuk Pencahayaan yang Maksimal

desain rumah minimalis full kaca

ewasda.com

Model kaca etalase memang pilihan terbaik untuk meningkatkan akses cahaya yang masuk ke dalam rumah. Seperti yang ditunjukkan pada gambar, model kaca dibuat sangat besar hingga menyentuh plafon rumah.

Pada bagian samping kaca, dilengkapi dengan pintu untuk akses menuju teras. Bila tertarik untuk menerapkan desain semacam ini, Anda mesti siap dengan interior yang memukau.

Tak perlu rumit, cukup menerapkan gaya minimalis seperti yang terlihat di gambar. Meski terlihat mungil, rumah ini tidak terasa sempit. Tangga menuju ke lantai 2 dibuat ramping dengan aksen kayu menyamai jenis lantai yang digunakan.

7. Konsep Split Monokrom yang Bersih dan Apik

desain rumah minimalis monokrom

Panel kaca atau model jendela etalase memang masih menjadi andalan dari setiap desain rumah minimalis. Ciri khas ini juga tampak dari desain rumah pada gambar. Pada salah satu bangunan, Anda bisa melihat penggunaan jendela stationary.

Model jendela slide diaplikasikan pada seluruh bagian tepi dari bangunan rumah kedua. Penggunaan jendela adalah cara yang cerdas untuk meningkatkan penetrasi cahaya ke dalam rumah.

8. Dinding Kayu dan Metal Bercat Hitam

desain rumah minimalis kayu

freshideen.com

Tidak selamanya rumah memerlukan teras yang besar. Khususnya jika Anda memang mempunyai lahan dengan halaman yang luas. Contohnya bisa Anda lihat di gambar. Teras hanya berupa pelataran sempit berlantai kayu di depan bagian muka rumah.

Untuk menghindari kesan suram dari warna bangunan, Anda bisa:

  • Menggunakan lampu sorot di bagian teras.
  • Membuat taman minimalis kecil di halaman. Opsi lain bisa Anda tempuh dengan menambahkan beberapa pot gantung di teras. Dengan begitu, ada sedikit warna hijau yang membuat cerah suasana rumah, selain bingkai pintu yang memang telah dicat toska.

9. Denah 1 Lantai 3 Kamar

desain rumah minimalis 1 lantai 3 kamar

Memiliki rumah minimalis dengan 3 kamar bisa Anda wujudkan salah satunya dengan mengikuti denah hunian 1 lantai ini. Meski dibangun tanpa adanya tingkat, rumah tetap terkesan lapang.

Rahasia desain rumah minimalis yang terlihat luas terletak pada pengaturan ruangan yang optimal. Anda bisa melihat bahwa ketiga ruangan kamar dibuat dengan ukuran yang hampir mirip.

Ruang keluarga dibuat menyambung dengan ruang makan. Selain itu, tampak pula interior rumah yang dibuat sederhana dan melibatkan sedikit perabotan. Meski minimalis, desain tetap melibatkan taman di samping rumah serta teras yang mumpuni.

Rumah pun tak bakal terasa pengap karena desain dapur minimalis yang dibuat berdampingan dengan taman di samping rumah. Lengkapi dengan pintu kaca geser, maka Anda bisa membuka pintu taman setiap kali selesai memasak.

10. Hunian Minimalis Kontemporer untuk Keluarga Besar

desain rumah minimalis kontemporer

indexala.com

Desain ini paling cocok diterapkan bagi keluarga dengan jumlah anggota keluarga yang besar. Tidak tanggung-tanggung, denah menunjukkan ada 6 ruangan kamar tidur yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh penghuni rumah.

Pada lantai 1 terdapat 1 kamar, sedangkan 5 kamar lain ada di lantai 2. Terdapat 2 kamar di ujung lantai 2 yang dibuat berhadapan. Kedua kamar cocok digunakan untuk anak-anak Anda.

11. Desain Kontemporer Bergaya Jepang

Desain Rumah Minimalis Kontemporer Bergaya Jepang

Punya lahan luas dan keluarga yang besar? Desain rumah minimalis ini bisa Anda coba. Rumah dengan 2 lantai pada gambar mempunyai konsep split yang menjadikan bangunan atas seakan-akan terbagi menjadi 2.

Meski tampak sangat modern, akan tetapi Anda tetap bisa merasakan sedikit sentuhan Jepang dari ornamen kayu yang diletakkan pada salah satu plafon di lantai 2. Selain terlihat apik dan bersih, keunggulan desain ini adalah:

  • Bangunan rumah terkesan lebih luas.
  • Konsep split sangat mendukung sirkulasi udara yang baik.
  • Penggunaan jendela yang berukuran besar memungkinkan cahaya masuk ke dalam rumah dengan lebih optimal. Dengan begitu, rumah tampak terang dan jauh dari kesan suram.

12. Desain Minimalis dengan 2 Lantai dan 4 Kamar

Desain Rumah Minimalis dengan 2 lantai dan 4 Kamar

Bila Anda berencana untuk memiliki rumah 2 lantai dengan areal taman yang luas lengkap dengan garasi, desain minimalis dapat menjadi pilihan. Uniknya, desain ini memusatkan seluruh ruang tidur di lantai kedua.

Penerapan desain dengan kamar tidur terpusat justru memberi keuntungan bagi Anda. Lantai 2 menjadi areal eksklusif bagi penghuni rumah dan tamu yang bermalam. Denah pada lantai 1 pertama terlihat lapang dan sedikit menggunakan sekat ruang.

Perhatikan di mana ruang tamu tidak dibatasi sekat dengan ruang makan dan dapur. Strategi tersebut juga sangat tepat untuk menjaga agar sirkulasi udara di dalam rumah terjaga. Khususnya ketika usai memasak.

Kehadiran teras di dalam rumah juga bisa membantu meningkatkan kenyamanan bercengkrama di ruang tamu di lantai 1. Sedikit tips untuk Anda. Kalau Anda menginginkan privasi saat menerima tamu, sekat non permanen dapat digunakan.

13. Rumah 2 Lantai dengan Desain Kontemporer

Desain Rumah Minimalis 2 Lantai

Berikutnya adalah desain kontemporer minimalis yang mengadopsi sedikit gaya industrial yang tampak dari penggunaan ornamen kayu dan metal di lantai 2. Paduan kedua ornamen tersebut kemudian membuat tampilan rumah kelihatan lebih maskulin.

Tidak hanya itu, desain pagar rumah minimalis juga jadi pilihan yang melengkapi tampilan tegas bangunan. Jika dilihat secara keseluruhan, desain rumah benar-benar memanfaatkan seluruh lahan yang tersedia dan menyisakan sedikit areal halaman.

14. Hunian 3 Lantai Berpanel Kaca

Desain Rumah Minimalis 3 Lantai

Panel kaca atau model jendela etalase memang masih menjadi andalan dari setiap desain rumah minimalis. Ciri khas ini juga tampak dari desain rumah pada gambar. Untuk bagian lantai dasar, Anda bisa melihat penggunaan jendela stationary.

Model jendela yang serupa juga diaplikasikan pada seluruh bagian tepi dari bangunan rumah. Penggunaan jendela adalah cara yang cerdas untuk meningkatkan penetrasi cahaya ke dalam rumah.

Jendela bi-fold yang digunakan di lantai kedua memungkinkan penghuni rumah untuk membuka kaca bila diperlukan. Model jendela serupa juga digunakan di lantai ketiga bangunan yang dilengkapi dengan balkon.

15. Desain Rumah Minimalis 1 Lantai

Rumah minimalis 1 lantai dengan 2 kamar tidur? Kenapa tidak. Apalagi bila Anda adalah pasangan muda yang masih meniti karier. Tak ada salahnya untuk membangun hunian idaman yang sederhana sebagai awalan.

Kedua kamar tidur didesain bersebelahan. Masing-masing berdampingan dengan kamar mandi, yang memudahkan akses sanitasi dari penghuni rumah. Ruang tamu didesain tanpa pintu dengan dapur.

Cara tersebut membuat rumah tidak terlihat sempit. Hanya saja, Anda perlu memperhatikan sirkulasi udara. Pastikan Anda menambahkan akses jendela atau exhaust fan di areal dapur. Dengan begitu rumah tidak terasa berasap usai memasak.

Sedikit catatan, walau areal dapur terlihat kecil tapi Anda bisa menerapkan desain dapur minimalis. Ini akan menjadi solusi terbaik, sehingga Anda dapat mengoptimalkan fungsi areal dapur yang terbatas.

16. Gaya Industrial yang Merah Menyala

Desain Rumah Minimalis Gaya Industrial

Keunikan desain rumah tampak jelas sejak kali pertama Anda melihatnya. Alih-alih menggunakan warna netral atau gelap, hunian minimalis bergaya industrial ini justru memilih merah menyala sebagai warna cat dominan.

Selain itu, material bangunan yang memakai kombinasi metal membuat kesan industrial hunian makin nyata. Meski tidak menggunakan ornamen sama sekali, rumah tetap terlihat menarik.

Satu lagi yang unik dari desain ini adalah lantai 2 yang dibuat melebar dan menjorok ke depan, sehingga terlihat menaungi carport di teras rumah. Selain itu, jendela di lantai 2 menggunakan model geser yang lebar.

17. Gaya Rumah Pantai yang Unik

Desain Rumah Minimalis Gaya Pantai

Mengombinasikan beberapa bentuk geometris juga dapat menjadi opsi untuk memperindah hunian Anda. Desain rumah pantai pada gambar menunjukkan kombinasi cat abu-abu, hitam, putih, serta kayu yang berwarna cokelat terang.

Berbeda dengan desain rumah minimalis lain, hunian ini terasa lebih ‘ramai’ dan penuh aksen. Mulai dari kanopi besar yang menaungi carport di samping rumah, aksen tepi batuan di halaman, hingga dinding kayu di lantai kedua.

18. Apik dengan Putih yang Simpel

Desain Rumah Minimalis Putih yang Simpel

Dinding putih bertekstur garis-garis horizontal ternyata bisa menjadi eksterior yang menawan. Hal ini dibuktikan oleh desain rumah minimalis yang tampil sederhana namun apik dan bersih dengan warna putih.

Bangunan dengan 3 lantai ini menggunakan pintu kaca geser. Model geser juga dipakai pada jendela di lantai 2. Uniknya, bila ukuran jendela pada lantai 1 dan 2 besar, maka jendela di lantai 3 justru sangat kecil.

Sekilas Anda bisa melihat interior dari tampak depan desain rumah modern ini. Jendela yang besar membuat akses cahaya dan sirkulasi udara lebih optimal. Anda pun dapat menerapkan efisiensi tenaga listrik untuk penerangan rumah.

19. Desain Urban 2 Lantai

Desain Rumah Minimalis Urban 2 lantai

Memiliki rumah minimalis dengan 3 kamar bisa Anda wujudkan dengan mengikuti denah hunian yang satu ini. Berbeda dengan denah sebelumnya, ruang makan dibuat agak menjauh dan terpisah—meski tanpa sekat, dengan ruang keluarga.

Pada desain urban di gambar, ketiga ruang tidur ditempatkan pada lantai 2. Tujuannya selain untuk privasi para penghuni rumah, pengaturan ini juga akan memisahkan areal umum yang bisa diakses oleh tamu atau orang luar.

Ukuran kamar yang besar masih mungkin untuk dimodifikasi menjadi ukuran yang lebih kecil, bila diperlukan. Namun jika modifikasi seperti itu akan dilakukan, Anda mesti mempertimbangkan untuk menambah jumlah kamar mandi.

20. Desain 2 Lantai dengan Musala

Desain Rumah Minimalis 2 lantai dengan Musala

Melengkapi rumah idaman dengan ruang ibadah adalah ide yang bagus. Model hunian ini menunjukkan pemisahan antara kamar tidur orang tua atau kamar tidur utama di lantai 1 dengan kedua kamar tidur anak-anak yang terletak di lantai 2.

Pemisahan areal kamar membawa beberapa keuntungan, yakni privasi bagi orang tua dan keamanan untuk seluruh keluarga. Posisi orang tua yang berada di lantai dasar otomatis akan lebih peka bila ada orang asing di rumah.

Desain rumah juga sangat komplet. Tidak hanya menyediakan ruang untuk ibadah, denah juga menunjukkan posisi teras belakang yang lengkap dengan taman, serta balkon untuk bersantai atau tambahan area menjemur pakaian di lantai 2.

21. Paduan Kayu dan Metal dengan Desain Unik

Desain Rumah Minimalis Paduan Kayu dan Metal

Bagi sebagian orang, dinding konvertibel mungkin tidak lazim untuk digunakan. Tapi, bila Anda termasuk jenis orang yang menyukai desain yang unik dan modern, model rumah konvertibel bisa jadi jawaban yang tepat.

Bangunan dengan model industrial ini sekilas tampak didominasi oleh dinding kaca. Padahal bila Anda cukup jeli melihat, akan tampak kawat penarik lantai kayu yang sebenarnya berfungsi sebagai dinding konvertibel.

Keunggulan dari desain hunian konvertibel antara lain:

  • Efisien dari sisi penggunaan energi. Anda nyaris tidak memerlukan lampu di siang hari. Buka saja dinding konvertibel dan cahaya matahari akan masuk dengan leluasa.
  • Model kaca yang besar akan menambah lapang ruangan.
  • Sirkulasi udara yang baik, mengingat rumah ini punya akses kaca berupa pintu geser yang besar.

Namun, ada satu kekurangan yang akan dirasakan oleh sebagian besar orang. Hal itu adalah kurangnya privasi, mengingat separuh rumah menggunakan dinding berbahan kaca.

22. Desain 2 Lantai dengan 4 Kamar

Desain Rumah Minimalis 2 lantai dengan 4 Kamar

Desain ini mungkin adalah yang paling banyak menyediakan kamar tidur untuk penghuni rumah. Ada 2 kamar tidur yang dibuat di lantai 1. Satu kamar ukuran standar di bagian depan, sedangkan satunya berukuran lebih kecil di dekat teras belakang.

Letak dapur cukup tersembunyi, meski terdapat sambungan tanpa sekat menuju ke ruang makan. Posisi ruang makan dibuat berdampingan dengan ruang keluarga. Kehadiran teras belakang berupa taman kecil jelas menambah keasrian rumah.

Pada lantai 2 terdapat 3 kamar tidur berukuran besar. Yang menarik, di lantai kedua juga tersedia ruang keluarga. Desain ruang keluarga yang terletak di lantai kedua memungkinkan Anda untuk memperoleh privasi ketimbang berkumpul di lantai 1.

23. Desain 2 Lantai dengan Atap Bertumpuk

Desain Rumah Minimalis Atap Bertumpuk

Model minimalis dengan memadukan hanya 2 warna cat menunjukkan kesan monokromatik. Warna cat putih digunakan untuk seluruh bangunan rumah, sedangkan hitam menjadi penegas warna jendela dan atap rumah.

Alih-alih hanya menerapkan ciri khas dasar dari rumah minimalis berupa atap datar, desain ini justru menunjukkan modifikasi yang menarik. Atap tidak hanya datar tapi juga dibuat bertumpuk, sehingga rumah terlihat lebih modern dan dinamis.

Itulah beberapa inspirasi desain rumah minimalis yang mungkin sesuai dengan kepribadian Anda. Jangan ragu untuk menerapkan salah satu model rumah di atas pada hunian Anda, ya!