10 Desain Rumah Idaman (Inspirasi Cantik nan Modern)

Memiliki rumah modern namun sederhana kerap menjadi pilihan bagi banyak pasangan muda. Terlebih saat ini ada beragam pilihan cicilan rumah yang menawarkan kemudahan untuk mendapatkan hunian dengan desain rumah idaman.

Bila bujet terbatas, Anda masih bisa berhemat dengan membeli kapling kemudian membangunnya sendiri. Keunggulan cara ini terletak pada biaya pembangunan yang relatif bisa ditekan dan yang terpenting, desain rumah bisa dibuat menurut selera Anda.

Bagi yang sedang mencari pilihan desain rumah idaman, maka Anda mesti membaca sampai tuntas. Artikel ini akan mengulas desain-desain rumah yang bisa Anda tiru atau modifikasi sesuai selera pribadi. Selamat menyimak.

1. Rumah Klasik dengan Nuansa Pedesaan yang Asri

Tidak hanya terlihat asri dan nyaman, Anda bahkan bisa merasakan hangatnya desain rumah klasik ini. Penggunaan jendela komposit kayu pada bagian atap memudahkan akses cahaya matahari untuk masuk ke dalam rumah.

Warna cat putih di bangunan rumah membuat kesan bersih dan rapi. Warna ini serasi dipadankan dengan warna hitam pada atap. Jendela model hung-up digunakan di sekeliling rumah sehingga membantu optimalisasi sirkulasi udara.

Desain rumah klasik memang tak bakal ketinggalan zaman. Terlebih bila Anda merindukan suasana asri seperti di desa. Model rumah klasik jelas menjadi pilihan yang tepat.

2. Gaya Hitam Putih Minimalis 2 Lantai

desain rumah idaman 2 lantai

Sekali melihat saja Anda bisa menangkap keunikan desain rumah minimalis ini. Desain flat berkesan dua dimensi memang sengaja ditonjolkan terutama dari pemilihan frame pintu dan jendela yang dibuat datar dengan tembok.

Jendela etalase besar diposisikan di samping pintu teras. Melalui jendela, Anda bisa mengintip interior modern yang dipilih oleh penghuni rumah. Tambahan loteng lengkap dengan jendela geser di lantai 2 menyempurnakan tampilan cantik hunian idaman.

3. Desain Cantik dengan Dinding Batu Bata

Mewujudkan rumah impian tidak selalu mesti mengandalkan desain yang minimalis. Buktinya, desain rumah konvensional juga punya daya tarik yang tak kalah memikat.

Dinding batu yang dipadukan dengan tembok berwarna pastel sangat serasi dengan taman di halaman rumah. Aksen tangga lengkap dengan pilar kayu di pintu masuk menambah kecantikan desain hunian.

Atap runcing lengkap dengan cerobong asap menjadi pilihan yang tepat untuk memperkaya desain rumah konvensional. Tambahan model jendela ¬bi-fold di lantai 2 yang diapit 2 jendela hung-up memberi sentuhan romantis yang tidak berlebihan.

4. Kombinasi Cokelat dan Hitam yang Memikat

desain rumah idaman warna cokelat

Gaya industrial sangat mungkin diterapkan pada hunian modern. Yang menarik, kombinasi cat hitam pada bodi bangunan dengan warna cokelat dari jendela kayu tidak malah membuat tampilan rumah menjadi kaku.

Sebaliknya, rumah terlihat modern dan memikat pada waktu bersamaan. Hal ini didukung oleh desain taman minimalis yang memberi ‘warna’ pada keseluruhan tampilan rumah.

Bentuk jalan setapak dari pagar menuju rumah dibuat serupa pola kotak-kotak dengan ukuran yang tidak serupa tapi tertata rapi. Tanaman jenis semak dengan bunga merah serta dinding batuan sebagai pembatas rumah memberi aksen yang manis.

5. Desain Studio yang Maskulin dan Modern

desain rumah idaman modern

Gaya maskulin dan ringkas terlihat menarik untuk hunian di kawasan perkotaan. Bila Anda termasuk pribadi yang tidak menyukai desain rumah yang ribet, model hunian ini mungkin pilihan terbaik untuk dicoba.

Serupa dengan model hunian sebelumnya, desain rumah kembali memadukan warna hitam dengan cokelat. Bedanya, bila tadi rumah terlihat lebih manis dengan model jendela shutter dan pintu kaca geser yang lebar, desain ini justru tampak lebih serius.

Panel kayu dengan lining horizontal digunakan pada pojok dinding lantai 1 dan 2. Bangunan dibentuk dengan konsep split di mana sebagian bangunan lantai 2 yang dilengkapi jendela etalase terlihat menjorok ke dalam.

6. Desain Rumah Kotak yang Modern

model rumah idaman modern

danyandy.com

Mencari desain yang bersih dan simpel? Desain rumah kotak 2 lantai pada gambar boleh dicoba. Tidak hanya tampak natural, model rumah minimalis ini juga terlihat modern dalam waktu bersamaan.

Rumah dengan desain minimalis punya ciri khas bentuk bangunan yang geometris, sangat sedikit ornamen, dan mengutamakan optimalisasi ruang.

Bentuk pintu sangat tinggi hingga nyaris menyentuh plafon di lantai 1. Model kaca etalase juga melengkapi gaya simpel dari desain hunian. Sedangkan untuk lantai 2, model jendela stationary terlihat lebih sesuai.

7. Desain Rumah 3 Lantai dengan Nuansa Monokromatik

desain rumah idaman 3 lantai

viksistemi.com

Model monokrom tidak pernah ketinggalan zaman. Setidaknya, hingga saat ini sangat banyak peminat rumah dengan cat monokrom. Paduan warna hitam bertekstur dipadukan dengan dinding batuan alam membuat penampilan rumah terlihat maskulin.

Ada beberapa kaca bermodel etalase yang tersebar di beberapa bagian rumah. Untuk memasuki rumah, Anda mesti melalui tangga terlebih dulu. Uniknya, garasi ditempatkan di lantai dasar sehingga bangunan rumah terbagi menjadi 3 lantai.

8. Rumah Studio yang Keren

desain rumah idaman keren

Penggunaan warna batuan alami menjadikan desain rumah ini terlihat lebih down to earth. Bentuk bangunan serupa studio yang kotak dengan pintu kayu dan jendela etalase memang desain masa kini yang tidak bakal ketinggalan zaman.

Ada beberapa keunggulan dari desain rumah studio, yaitu:

  • Model bangunan yang sederhana dan tidak menggunakan banyak ornamen.
  • Bangunan dengan warna batuan alam menjadikannya tidak terlihat kotor.
  • Desain rumah yang simpel memudahkan pemeliharaan bangunan.

Terlepas dari keunggulan desain ini, Anda mungkin juga ingin mempertimbangkan beberapa kelemahannya, yaitu:

  • Bila tanpa pencahayaan yang baik, rumah akan terlihat suram. Mengingat bangunan menggunakan batuan alam yang berwarna gelap.
  • Untuk menjaga privasi, Anda perlu menggunakan tirai untuk menutup jendela di malam hari atau ketika rumah kosong dan tidak dihuni.

9. Desain Rumah Hijau yang Terbuka

desain rumah idaman ramah lingkungan

Rumah dengan konsep terbuka punya banyak keuntungan. Selain sirkulasi udara yang lancar, Anda juga menghemat listrik. Penggunaan pintu kaca model bi-fold dengan frame berwarna putih terlihat serasi dengan tiang kayu dan cat hijau pada bangunan.

Areal dapur diletakkan di luar ruangan, lengkap dengan cooker hood, sehingga asap dari proses memasak tak akan mengusik tetangga. Meskipun desain ini terlihat segar, tapi ada beberapa kelemahan yang patut dipertimbangkan, yaitu:

  • Dapur terbuka cenderung memancing datangnya hewan liar seperti tikus maupun kucing, belum lagi kehadiran serangga yang umumnya tertarik pada bahan makanan mentah.
  • Cipratan air hujan dapat merusak furnitur dan perlengkapan masak Anda.
  • Kurangnya privasi dari konsep rumah semacam ini.

10. Hunian Panel Kaca yang Hemat Energi

desain rumah idaman ramah lingkungan

Desain rumah pantai 1 lantai cocok bila Anda punya kepribadian yang supel dan dinamis. Tampilan segar dengan pintu berpanel kaca model slide membuat ruangan terlihat lebih lapang karena cahaya yang masuk dengan leluasa ke dalam rumah.

Anda bisa melihat pemilihan desain kamar tidur minimalis yang digunakan oleh penghuni rumah. Untuk menjaga privasi, gorden panjang dapat dipakai ketika malam atau saatnya tidur siang.

Kehadiran kanopi kayu berukuran kecil di atas setiap pintu kaca meminimalisasi kemungkinan tetesan air hujan masuk ke dalam ruang kamar. Meski begitu, sebaiknya tidak membuka pintu lebar-lebar ketika hujan sedang deras.

Lantai kayu yang dibuat sedikit tinggi dari permukaan tanah membuat rumah lebih terjaga dari kemungkinan cipratan tanah ketika hujan. Model atap yang landai menjadi tanda dari gaya minimalis.

Kesepuluh ide desain rumah idaman tadi dapat menjadi referensi bagi Anda yang menginginkan hunian cantik dan modern. Tentu saja, Anda harus bersedia untuk merogoh kocek lebih demi merealisasikan desain rumah yang optimal.