10 Desain Rumah Mewah (Inspirasi Elegan nan Menawan)

Hampir semua orang mengidamkan hunian yang luas dan mewah. Prestise dan pembuktian atas status sosial sering menjadi alasan yang utama. Terlepas apapun latar belakangnya, sah saja bila Anda ingin memiliki desain rumah mewah dan modern.

Rumah mewah memiliki luas bangunan yang lapang ditambah dengan eksterior dan interior yang berkesan glamor. Dalam pemeliharaannya, rumah mewah menuntut perhatian ekstra.

Sebelum Anda keburu menyewa arsitek andal untuk membuatkan denah rumah impian, bagaimana bila menyimak artikel ini terlebih dulu? Artikel ini akan menyajikan sepuluh desain rumah mewah modern yang bisa Anda tiru.

1. Gaya Benteng Abad Pertengahan

Desain Rumah Mewah Gaya Benteng Abad Pertengahan

Gaya abad pertengahan memang sangat menarik untuk diadaptasi ke dalam hunian impian Anda. Sebagian bangunan yang dibuat menyerupai benteng ini menampilkan kesan berkelas yang sulit untuk ditandingi.

Desain ini memiliki model kaca lengkung yang terlihat romantis. Pintu berukuran besar dengan aksen kayu menjadi daya tarik yang melengkapi desain rumah. Dinding yang menggunakan krem sebagai warna cat, membuat rumah terlihat terang dan hangat.

2. Rumah dengan Aksen Kayu dan Kaca

desain rumah mewah modern

Desain rumah minimalis dengan banyak kaca mungkin terasa berisiko bagi sebagian orang. Akan tetapi, model ini sanggup membuat tampilan elegan sekaligus modern untuk hunian Anda.

Ciri khas rumah modern dengan 2 lantai ini adalah penggunaan kaca model etalase yang sangat banyak. Bahkan kaca terlihat mendominasi bagian muka bangunan rumah, termasuk pintu samping dan depan.

Aksen kayu membuat warna cat putih di seluruh dinding rumah tidak terlihat monoton. Bahkan justru aksen kayu tersebut poin yang memperkaya tampilan rumah.

3. Panel Kaca Hemat Energi

desain rumah mewah model hemat energi

idesignarch.com

Model Split pada bangunan lantai 2 dari hunian modern ini membuatnya terlihat mencolok dan menarik. Terlebih penggunaan kaca yang memenuhi bagian tepi bangunan dari lantai hingga ke plafon.

Model kaca yang besar semacam ini membantu pemilik rumah untuk menghemat energi yang digunakan. Pasalnya, kaca memudahkan cahaya matahari untuk masuk, sehingga pemakaian listrik bisa ditekan.

Warna cat putih pada keseluruhan bangunan berpadu baik dengan warna cokelat pada desain pagar minimalis berbahan kayu dan frame pada balkon dan dinding rumah. Sekilas, interior rumah di lantai 2 tampak simpel tanpa banyak ornamen.

4. Gaya Asia yang Artistik

desain rumah mewah gaya asia

metalbarstools.net

Desain minimalis dan mewah ditunjukkan dengan permainan aksen pada atap, pilar, dan balkon. Bukan hanya itu, penggunaan list cat hitam pada tepian atap terlihat kontras dengan dinding bangunan, sehingga menjadi daya tarik tersendiri.

Untuk melengkapi eksterior yang modern, Anda bisa memilih desain ruang tamu minimalis yang menyesuaikan dengan konsep rumah. Adapun model jendela stationary merupakan padanan yang pas untuk digunakan.

5. Benteng Kuno Eropa

Nuansa misterius sedikit menyeruak dari desain rumah ala benteng kuno Eropa ini. Meski begitu, tak sedikit yang mengagumi arsitektur kuno yang kerap dipadu dengan gaya modern ini.

Penggunaan kaca dengan puncak yang melengkung sebagai pintu tetap pilihan utama dalam mewujudkan gaya Eropa yang klasik. Untuk lantai 2, digunakan model jendela transom yang dilengkapi dengan balkon kecil di kedua sisi kanan dan kiri hunian.

6. Desain 3 Lantai Minimalis

desain rumah mewah 3 lantai

Sekilas, desain rumah minimalis ini mengingatkan Anda akan bentuk tangga. Bangunan bertingkat 3 ini sengaja menggunakan panel kaca etalase untuk membuat kesan lapang dari rumah. Pintu masuk utama berupa kaca dengan model geser.

Desain rumah mewah ini bisa dibangun setidaknya pada luas tanah 300m2. Plafon bagian luar diberikan beberapa lampu sorot. Teras yang dilengkapi dengan tangga, membuat rumah modern ini terlihat semakin elegan.

7. Desain Ala Keluarga Eropa

desain rumah mewah gaya victorian

homescorner.com

Desain ini boleh jadi juga berasal dari Eropa, yang membedakan adalah bentuk desain rumah yang bergaya Victorian. Jenis rumah semacam ini dapat ditemui di kawasan pinggiran dari Eropa.

Model rumah keluarga ini juga punya sangat banyak ruang. Mungkin Anda juga mengingat setting film The Conjuring yang menggunakan jenis rumah yang serupa. Warna cat model rumah mewah ini cenderung netral dengan paduan dinding batuan.

Setiap sisi bangunan dilengkapi dengan kaca untuk meningkatkan kualitas penerangan di dalam rumah. Model jendela yang bisa digunakan juga variatif, yaitu:

  • Jendela Stationary

Peletakan jendela ini bisa di tepi bangunan atau di tengah ruang duduk keluarga. Jendela ini tidak bisa dibuka dan benar-benar berfungsi untuk akses cahaya dan memudahkan penghuni rumah melihat pemandangan di halaman.

  • Jendela Double-Hung

Model jendela ini punya dua varian, yaitu yang menggunakan 1 layer atau 2 layer. Desain yang klasik membuat jendela ini bisa digunakan pada rumah bergaya minimalis.

  • Jendela Transom

Jendela ini bisa dibuka tutup dan kerap dipakai untuk pintu masuk ruangan tengah atau sekat antar ruangan.

8. Desain Ala Istana dengan Tangga Melingkar

desain rumah mewah berhalaman kolam renang

Menginginkan desain rumah bak istana Disneyland? Inspirasi yang satu ini patut Anda coba. Selain menggunakan banyak jendela berukuran besar yang membuat rumah terlihat makin lapang, hunian ini juga memiliki beberapa balkon di lantai 2 dan 3.

Uniknya, dari balkon lantai 2 dibuat tangga berbentuk setengah putaran menuju kolam renang yang berada di lantai pertama. Anda bisa menggunakan areal kolam renang bersaa keluarga atau sekadar bersantai di kursi-kursi pantai yang tersedia.

9. Paduan Kayu dan Batuan Alami

Model rumah kayu dengan pilar dinding batu tetap menjadi incaran bagi sebagian orang. Pintu bi-fold digunakan untuk garasi tertutup di dalam rumah. Model pintu senada dipakai pula untuk memasuki rumah.

Rumah dengan material kayu membutuhkan akses cahaya yang mumpuni agar tidak berkesan suram. Untuk itulah jendela model hung-up dibuat di lantai atas. Selain berukuran besar, jendela tersebut juga bisa dibuka tutup bila diperlukan.

10. Rumah Studio Minimalis

Rumah berkonsep studio seperti ini disebut meniru hunian salah satu artis Hollywood. Wajar saja, tampilan rumah ini memang sangat mewah dan modern. Untuk meniru tampilan rumah ini Anda bisa memperhatikan beberapa unsur penting, yaitu:

  • Desain bangunan minimalis dengan menggunakan marmer sebagai lantai.
  • Untuk konsep interior manfaatkan unsur-unsur natural dan mengoptimalisasi ruang meski memiliki lahan yang luas.
  • Panel kaca berukuran besar baik untuk menambah aksen luas dari rumah, sekaligus memudahkan masuknya cahaya ke dalam bangunan.

Uniknya, rumah mewah ini memang dibuat hanya 1 lantai. Meski begitu, Anda bisa melihat luasnya lahan yang digunakan oleh desain rumah mewah ini.

Masih banyak desain rumah mewah yang bisa dipilih untuk merealisasikan hunian impian Anda. Jangan lupa, tampilan mewah tak hanya bergantung pada luasnya areal rumah melainkan juga keistimewaan desain baik model interior maupun eksteriornya.