9 Desain Ruang Tamu Minimalis (Inspirasi Masa Kini)

Desain rumah minimalis memperhitungkan banyak hal. Salah satu hal yang jadi pertimbangan tentu saja adalah desain ruang tamu minimalis, yang tidak boleh dibiarkan tampak seadanya.

Selain adanya sofa, ruang tamu yang ideal juga membutuhkan pencahayaan yang bagus. Bila ingin memasang lampu gantung, pastikan tidak terlalu rendah. Jadi, meski cahayanya cukup terang, ruang tamu tidak akan terasa terlalu panas. Ada 9 contoh desain ruang tamu keren di sini. Silakan memilih yang cocok.

1. Modern dan Artistik

desain ruang tamu minimalis ukuran 3x3

Buat Anda yang tinggal di rumah minimalis ukuran 3×3 atau apartemen, ruang tamu artistik ini enak dilihat. Dengan sofa empuk berbentuk L dan meja kopi bundar tanpa kaki, masih banyak tempat untuk bergerak di sini.

Interior ruang tamu ini juga tampak artistik karena beberapa alasan. Pertama karena adanya lukisan dinding yang beraliran realis. Kedua karena lantai kayu yang dilapisi karpet dengan motif yang unik.

Bagi yang cepat bosan dengan nuansa hitam-putih, lukisan dengan sedikit warna cerah dapat menjadi alternatif.

2. Nuansa Warna Alam

desain ruang tamu minimalis tipe 36

plexusreview.net

Bagi penghuni rumah minimalis tipe 36, desain ruang tamu ini mungkin bisa jadi pilihan. Dengan beberapa tambahan berupa gorden tipis, keramik dinding, dan lukisan dinding, desain ini terlihat mewah seperti ruang tamu di hotel.

Untuk menghemat tempat, menata ruang tamu ini cukup dengan meletakkan satu set kursi dan sofa berwarna hijau, meja kopi, serta nakas warna senada ke pojok ruangan. Anda juga tidak perlu banyak dekorasi tambahan.

Pilar dari batu alam juga menambah nuansa alami ruang tamu ini.

3. Ruang Tamu Ukuran 3×3 Bisa Tematik Juga, Lho!

Karena mengirit tempat, beberapa ruang tamu juga praktis menjadi ruang tengah keluarga. Agar tamu dan penghuni sama-sama betah, sofa nyaman dan dekorasi yang tematik juga bisa jadi andalan. Ini salah satu contohnya.

Meskipun bernuansa monokromatik alias netral, bagian dari desain rumah minimalis ini jauh dari membosankan. Caranya? Tentu saja dengan bermain ragam-ragam motif pada bantal-bantal duduk dengan kombinasi hitam dan putih.

Anda juga boleh memasang hiasan dinding atau lukisan dinding yang lucu-lucu. Contoh: lukisan hitam-putih wajah supermodel atau artis favorit. Jadinya ruang tamu terlihat makin chic.

4. Bergaya Oriental

desain ruang tamu minimalis gaya oriental

alhabibpaneldoors.com

Selain kamar mandi, desain ruang tamu minimalis bergaya oriental juga banyak peminatnya. Adanya satu sekat atau partisi dari kayu menjadi penanda batas antara ruang tamu dengan ruang makan di belakangnya.

Sebaiknya ada bunga hiasan pada vas yang segar, meski harus diganti setiap kali mati. Bisa terlihat jelas betapa desain ruang tamu minimalis ini terasa nyaman karena:

  • Ada TV layar datar untuk hiburan tambahan bagi para tamu.
  • Anda bisa langsung mengajak tamu ke ruang makan bila ingin mereka makan bersama Anda.
  • Ada pintu kaca geser di ruang makan yang mengarah langsung ke kebun belakang. Tidak hanya mengundang cahaya alami masuk, Anda juga mendapatkan udara segar ekstra bila membiarkan pintu terbuka setiap pagi.

5. Putih-putih

desain ruang tamu minimalis putih

Ingin ruang tamu yang tetap terlihat luas meski minimalis? Pastikan ada dua hal ini yang menjadi bagian darinya, yaitu jendela yang cukup lebar untuk mendatangkan cahaya alami dari luar dan dominasi warna putih, terutama pada dinding dan sofa.

Kekurangan dari desain ruang tamu minimalis ini adalah mudah sekali kotor. Kecuali Anda tidak punya anak kecil yang gemar menumpahkan macam-macam, sebaiknya hindari menata ruang tamu dengan dekorasi ini.

6. Jingga yang Mempesona

desain ruang tamu minimalis jingga

Ruang tamu minimalis bernuansa jingga ini juga cocok bagi Anda yang senang warna-warna unik. Tidak hanya dinding, gorden, dan bantal duduk berwarna orange yang terlihat luar biasa.

Anda harus melihat hiasan dinding yang lebih artistik lagi. Pigura-pigura kosong berwarna hitam di atas dinding cokelat memberikan kesan modern.

Cara strategis menata ruang tamu seperti ini sangat mudah. Anda cukup mengumpulkan satu set kursi dan sofa warna senada di pojok ruangan. Kemudian tambahkan pajangan berupa dua bunga hiasan saja.

7. Ruang Tamu + Beranda Depan

desain ruang tamu minimalis beranda

unsizdk.com

Benarkah ruang tamu yang modern harus selalu terlihat mahal dan mewah? Ruang tamu minimalis yang satu ini membuktikan sebaliknya. Justru, ruang ini masih bisa tetap terlihat sederhana dengan trik cerdas.

Berhubung terletak di luar, ruang tamu ini juga berfungsi sebagai beranda depan. Untuk itu, bahan-bahan yang diperlukan untuk perabotan adalah:

  • Meja kayu untuk menjamu tamu dan memajang tanaman hias.
  • Bantal dan dudukan kursi yang terbungkus dari bahan kanvas.
  • Karpet atau tikar bambu agar sesuai dengan konsep keseluruhan ruang tamu.

8. Serba Kuning dan Jingga

desain ruang tamu minimalis kuning

agrpaper.com

Banyak cara agar ruang tamu minimalis untuk rumah tipe 36 terasa nyaman dan lapang. Beberapa trik andalan sudah digunakan untuk model ini, seperti mengandalkan warna-warna terang dan netral (seperti gradasi kuning dan jingga).

Bisa dilihat bahwa warna netral mendominasi seluruh ruangan. Selain itu, Anda bisa menata ruang tamu dengan cara meletakkan semua perabotan di pojok ruangan agar strategis. PIlih juga meja kopi yang lebih kecil daripada sofa berbentuk L.

Untuk mengurangi kesan monoton pada ruang tamu ini, Anda juga boleh menambahkan sedikit nuansa jingga pada beberapa elemen perabotan, memajang hiasan dinding yang unik alias tidak pasaran.

Alih-alih menggunakan lampu gantung, pilihlah lampu bertiang dengan gaya futuristik. Desain ruang tamu pun terlihat lebih menarik dan modern.

9. Sofa Matras Andalan

desain ruang tamu minimalis

crismatec.com

Hadirnya sofa matras di ruang tamu minimalis Anda tidak hanya membuat tamu betah. Bahkan, bisa jadi mereka malah jatuh tertidur alias ingin menginap sekalian saking empuknya.

Menggunakan interior yang sederhana atau mewah, ditambah meja kecil dari kaca, ruang tamu ini nyaman sekali. Namun karena kakinya pendek, sayang sekali sofa ini kurang cocok bagi orang yang sangat jangkung untuk duduk.

Karena sudah dimenangkan oleh sofa matras, Anda tidak perlu lagi menambahkan hiasan lain, seperti lampu hias yang sesuai.

Karena biasanya terletak di lantai dasar yang sama, ruang tamu bisa berbatasan dengan ruang makan hingga dapur. Untuk desain dapur minimalis, biarkan tanpa pintu agar aroma masakan tercium hingga ke ruang tamu.

Meskipun minimalis, Anda juga bisa mempertimbangkan desain rumah mewah yang oke. Bahkan dengan ukuran 3×3, rumah Anda masih bisa terlihat mahal dan berkelas dengan perabotan yang tepat.

Sudah siap memberi kesan baik pagi yang berkunjung? Pilihlah desain ruang tamu minimalis yang terbaik untuk rumah Anda.