9 Desain Dapur Minimalis (Efisien nan Menyenangkan)

Ukuran rumah atau apartemen secara tidak langsung menjadi penentu letak dan ukuran dapur. Bila rumah termasuk mungil atau apartemen tipe studio, desain dapur minimalis kerap jadi andalan. Namun, apakah berarti juga cukup nyaman?

Nah, daripada bingung, mari kita lihat beberapa contoh model dapur yang mungkin cocok untuk rumah atau apartemen Anda. Setelah itu, tinggal pilih yang kira-kira cocok dengan selera hingga dana yang tersedia. Mau modifikasi sendiri juga bisa.

1. Warna-Warni Dapur Ukuran 2×3

Desain Dapur Minimalis Ukuran 2x3

Ada yang berpendapat bahwa warna putih itu klasik dan abadi, terutama untuk dapur. Sayangnya, warna ini juga rentan kotor dan mungkin sulit dibersihkan. Apalagi, cipratan bumbu dapur dan minyak saat memasak sangat mungkin terjadi.

Dengan kitchen set putih pada desain dapur minimalis ini, Anda dapat mengakalinya dengan:

  • Menggunakan warna selain putih pada bagian-bagian lain yang mudah terciprat makanan yang dimasak. Contoh: tabletop dan bagian dinding yang paling dekat dengan kompor.
  • Kombinasi batu alam yang tidak akan terlalu bermasalah saat terkena bumbu atau minyak.

2. Maksimalkan Kitchen Island Di Dapur Ukuran 2×2

Desain Dapur Minimalis Ukuran 2x2

Bagi yang tinggal di rumah mungil maupun apartemen kelas studio, desain modern dapur ini pasti cocok. Karena dengan ukuran 2×2, Anda harus menghemat banyak tempat agar masih bisa bebas bergerak saat memasak.

Nah, dua trik di bawah ini bisa digunakan agar dapur mini ini dapat berfungsi dengan lebih maksimal:

  • Menyatukan fungsi kitchen island dengan meja makan. Selain sederhana, Anda tidak perlu repot-repot membawa masakan yang baru jadi terlalu jauh. Dari tabletop langsung ke kitchen island alias meja makan.
  • Perbanyak rak di kitchen set maupun di kitchen island. Untuk perkakas dapur, Anda tidak perlu punya lemari lain terlalu banyak.

3. Ekstra Cahaya untuk Dapur Ukuran 3×3

Desain Dapur Minimalis Ukuran 3x3

Salah satu masalah yang kerap terjadi pada dapur kecil adalah kurangnya pencahayaan. Tidak heran, dapur pun semakin terasa sempit. Untuk itulah, pencahayaan dan warna cat yang tepat akan sangat membantu.

Desain dapur minimalis ini akan semakin terang, lapang, dan indah dengan beberapa strategi tambahan. Misalnya: Kitchen set harus tersusun rapi pada satu sisi dapur.

Fungsi meja bar di sisi satunya adalah untuk meja makan sekaligus tempat mempersiapkan masakan. Agar tidak mudah kotor, pilihlah lantai dengan warna selain putih.

4. Corak Batuan di Dapur Rumah Tipe 36

Desain Dapur Minimalis Tipe 36

Rumah mungil dengan tipe 36 pasti membutuhkan dapur yang juga sesuai, baik dari segi ukuran hingga model. Desain dapuryang unik dan lebih terbuka ini salah satu contoh ideal.

Tantangan dari dapur seperti ini adalah debu dan kotoran dari udara luar yang mudah menempel. Untuk mengakalinya, Anda bisa menggunakan dinding dan lantai dari bahan keramik agar mudah dibersihkan.

Jangan lupa, andalkan juga desain modern yang tidak terlalu ribet dari warna cat hingga denah keseluruhan dapur.

5. Dapur Berukuran 2×3 dengan Sentuhan Warna Natural

Desain Dapur Minimalis Warna Natural

Dapur dengan interior bernuansa natural ini sukses menghemat warna cat. Yang Anda lakukan cukup memberikan vernis pada kayu palet untuk dinding dan kitchen set agar permukaannya halus dan rata.

Tidak mau dapur dengan finishing pada tekstur kayu dapur ini terlihat terlalu muram? Anda bisa membuat jendela dapur lebih panjang dan lebar, agar cahaya alami dapat masuk ke dapur di siang hari dan memajang perkakas warna cerah.

6. Dapur Berukuran 2×2 Bermotif Bata Hitam

desain dapur minimalis motif bata hitam

Banyak cara untuk mendesain dapur ukuran 2×2. Desain interior berupa dinding berwarna putih dan dinding marmer bermotif bata hitam di dekat kompor adalah solusinya. Dapur jadi terlihat lebih apik dan tidak menambah kesan sesak.

Jumlah rak yang memadai juga dapat mengurangi kemungkinan perkakas dapur tercecer ke mana-mana. Selain itu, jangan lupa juga mempelitur lantai kayu agar selalu terasa halus, namun jangan terlalu licin untuk mencegah terpeleset.

Anda juga bisa memasang pintu kaca yang menambah kesan luas, terutama bila mengarah ke taman di rumah. Selain itu, rajinlah membersihkan dapur, karena warna putih yang pastinya mudah kotor terciprat bumbu dan minyak.

7. Dapur Berukuran 3×3 yang Tidak Monoton

desain dapur minimalis yang menyenangkan

Putih memang pilihan klasik untuk dapur, karena mudah dipadupadankan dengan warna-warna lain. Dapur ukuran 3×3 ini contohnya. Selain dengan pencahayaan yang memadai (seperti dengan lampu dan jendela), jadikan putih dominan di dapur.

Bila khawatir warna netral ini dapat membuat dapur terlihat monoton, pasangkanlah dengan lantai bernuansa kayu, agar ada kesan natural.Pilihlah piring-piring warna-warni dan perabotan dapur lain dengan konsep serupa. Tentu saja, warna-warni ceria membuat dapur tampak lebih semarak.

8. Desain Dapur Minimalis Tipe 36 yang Ringkas dan Efisien

desain dapur minimalis efisien

Dapur dengan tipe 36 ini sangat cocok untuk rumah mungil maupun apartemen kecil. Pencahayaan yang cukup dan perabotan yang tidak begitu banyak sukses menjadikan dapur mini ini terlihat lebih lapang. Yang pasti, Anda dan para tamu masih bisa bergerak dengan cukup nyaman saat bercengkerama.

Selain mengkombinasikan warna-warna netral, dapur ini juga menggabungkan fungsi selain untuk memasak, yaitu: sebagai tempat makan. (Ini dapat terlihat dari kitchen island yang ditambah dengan beberapa kursi).

Dapur ini juga berfungsi ganda. Seperti yang Anda lihat, tampak desain ruang tamu minimalis yang posisinya menyambung dengan dapur. Ada meja dan kursi lain yang nyaman digunakan saat bercengkerama bersama keluarga.

9. Tampilan Mewah Dapur Berukuran 2×3

desain dapur minimalis mewah

Bosan dengan warna putih? Warna hitam (dengan kombinasi abu-abu pada bahan metal pemanggang, misalnya) dapat membuat dapur minimalis Anda bergaya lebih mewah. Dengan pencahayaan yang tepat, hitam tidak harus selalu terlihat muram.

Metal atau besi yang dapat memantulkan cahaya mengurangi kesan gelap pada desain dapur ini. Selain itu, jendela panjang dan ornamen kayu pada langit-langit, pilar, dan lantai juga membuat dapur ini lebih cerah.

Desain rumah minimalis secara langsung mempengaruhi semua ruangan yang ada. Makanya, bukan pemandangan baru lagi bila dapur bisa langsung berfungsi sebagai ruang makan dan tempat untuk berkumpul.

Untuk dapur dengan pintu kaca yang mengarah ke luar, jangan lupa untuk menerapkan pula desain taman minimalis yang benar-benar rapi agar enak dilihat. Salah satu contohnya adalah dengan meletakkan tanaman gantung untuk menghemat tempat.

Itulah tadi sembilan variasi desain dapur minimalis yang mungkin cocok untuk rumah maupun apartemen mungil Anda. Mau pilih yang mana? Mana pun yang dipilih, pastikan itu sejalan dengan desain keseluruhan hunian Anda.