10 Desain Taman Minimalis (Inspirasi yang Memikat Hati)

Model rumah yang dilengkapi dengan kehadiran taman kecil telah menjadi tren yang kian populer di tengah masyarakat modern. Terlebih untuk menerapkan desain taman minimalis bisa dilakukan di lahan sempit.

Desain taman pun tidak lagi harus terletak di halaman rumah. Anda bisa meletakkan taman mungil di samping, bahkan bagian dalam rumah. Tentu saja, Anda tetap harus mempertimbangkan aspek kesesuaian desain dengan lahan yang tersedia.

Namun, Anda tak perlu bingung mencari inspirasi desain taman minimalis yang modern dan unik. Artikel ini akan memaparkan beberapa ide yang mungkin cocok untuk melengkapi dekorasi desain rumah idaman Anda.

1. Sumur Mungil di Taman Bergaya Jepang

desain taman minimalis gaya jepangSumur mungil ala Jepang tak mesti sumur sungguhan. Sebenarnya sumur ini lebih mirip dengan kolam kecil berbentuk serupa sumur. Posisi taman berada di halaman depan, sehingga tamu dapat menikmati keindahan taman sembari memasuki rumah.

Model taman seperti ini cukup populer digunakan dalam berbagai desain rumah minimalis kontemporer. Pemilihan tanaman juga menjadi faktor yang penting. Jangan sampai taman malah terlihat sumpek dengan tanaman yang terlalu padat.

Ada beberapa jenis tanaman yang bisa Anda pilih untuk diletakkan di samping jalan setapak, yaitu:

  • Tanaman Anthurium

Ada lebih dari satu jenis warna pada tanaman ini. Selain ukurannya yang kecil dan tinggi tanaman yang rendah, tumbuhan ini sesuai untuk digunakan pada taman minimalis Anda.

  • Tanaman Puring

Corak warna daun yang beragam membuatnya tampak seindah bunga. Ukuran tanaman puring juga relatif pendek sehingga memudahkan perawatan dan pemeliharaannya.

  • Tanaman Azalea

Memiliki bunga mungil dengan warna yang cerah, Azalea akan menjadi tambahan menarik di taman minimalis Anda. Apalagi harganya juga murah dan mudah dirawat.

Anda dapat memilih beberapa jenis pohon berbatang kayu berukuran sedang sebagaimana ditunjukkan pada gambar. Lebih baik jangan menggunakan pohon buah karena biasanya memancing kehadiran serangga, seperti semut dan lebah.

2. Rapi dan Apik di Dalam Pot

desain taman minimalis di lahan sempitAnda bisa mengoptimalkan potensi dari sudut rumah belakang dengan membuat taman mini berbekal beberapa pot saja. Contohnya adalah desain taman di dalam pot yang tampak pada gambar.

Agar tidak terlihat monoton, Anda bisa menata kolam kecil dengan warna dan bentuk serupa pot tanaman di sebelahnya. Tanaman apung seperti teratai dan sejenisnya dapat ditempatkan di sana. Jangan lupa tambahkan pula sepasang ikan hias.

Model taman sederhana ini bisa menjadi padanan yang menarik untuk desain rumah idaman Anda. Selain kolam, pasangkan pula tirai bambu dengan lining horizontal sebagai latar taman minimalis ini.

3. Gerobak Bunga di Halaman

desain taman minimalis belakang rumah

brettsengphoto.com

Model taman impian tak melulu mesti memakan bujet besar. Contohnya desain dengan memanfaatkan barang-barang tak terpakai di sekitar Anda. Alih-alih peletakan pot seperti biasa, Anda dapat menggunakan gerobak kayu yang sudah tidak dipakai.

Cara membuat taman ini juga sangat sederhana. Anda cukup meletakkan beberapa pot bunga dan tanaman merambat di dasar gerobak. Kemudian biarkan tanaman tumbuh lebat, sehingga bunga-bunga kecil menutupi dasar gerobak.

Sebagai pemanis, letakkan batuan pebble putih di bawah gerobak. Anda bisa menyemen atau mematri ban dan rangka gerobak agar ia tidak bergeser.

4. Percikan Air yang Menenangkan

Suara percikan air diklaim bisa menenangkan pikiran. Demikian halnya yang menjadi konsep utama pada desain taman ini. Mewujudkan model taman ala Jepang seperti di gambar sangatlah mudah.

Lebih dari itu, model taman mungil bisa diterapkan pada model rumah apa pun. Dari rumah type 36 bahkan hunian type 45. Letakkan saja desain tanaman bertingkat dan batu besar sebagai penampung percikan air di sudut areal taman.

Bahkan taman mungil ini bisa pula ditempatkan di belakang rumah sebagai pelengkap desain dapur minimalis Anda. Semua tergantung dari kreasi dan selera Anda.

5. Mengapung di Atas Taman

dekorasi desain taman minimalisBersantai jadi tidak biasa kalau Anda menerapkan desain taman dilengkapi dengan dudukan tergantung ini. Lengkapi dengan alas yang nyaman beserta bantal-bantal dengan corak etnik sebagai pelengkap, maka dudukan siap dipakai.

Uniknya, persis di bawah tempat duduk justru terdapat tanaman yang disusun rapat. Di bagian muka terdapat kolam lengkap dengan teratai. Anda pun bisa relaks sambil membaca buku di belakang rumah.

Satu tips untuk Anda terkait penggunaan tali. Anda mesti mempertimbangkan bahan dudukan, jenis tali, kekuatan ikatan, bahkan kemampuan kayu penyangga yang dipakai. Pasalnya bila dudukan kurang kuat, maka Anda mungkin jatuh dan cedera.

6. Taman Zen yang Minimalis

desain taman minimalis dalam rumah

wisemamablog.com

Satu lagi gaya taman yang tidak membutuhkan banyak ornamen yang ribet. Justru kesederhanaan adalah poin yang menonjol dari desain taman ala Zen ini. Anda memang membutuhkan banyak kerikil dan batuan pebble putih.

Namun, hasil yang Anda dapatkan akan sepadan bila pengaturan posisi komponen taman dilakukan dengan tepat. Misalnya jalan setapak yang terbuat dari kayu membuat kesan seakan-akan lantai mengapung.

Pemakaian dinding kayu dengan lining horizontal juga menjadi penyempurna gaya Jepang. Anda bisa memposisikan taman minimalis ini di halaman belakang rumah.

7. Aksen Air Terjun di Belakang Rumah

model desain taman minimalis

revistaecos.com

Saatnya mencoba desain minimalis yang artistik. Desain air terjun bisa diterapkan pada areal yang luas maupun lahan yang sempit. Contoh pada gambar ini adalah penerapan pada lahan yang lapang.

Ada beberapa poin penting yang perlu Anda perhatikan ketika merealisasikan desain taman dengan air terjun:

  • Akses saluran air yang memadai.
  • Kebersihan areal lantai taman. Percikan air yang tidak dijaga kebersihannya akan menimbulkan jamur pada batuan dan bagian-bagian lantai. Hal ini bisa menyebabkan lantai menjadi licin dan berbahaya untuk dilalui.
  • Pastikan Anda menjaga agar tidak terbentuk genangan air yang dapat menjadi sarang nyamuk.

8. Pola Catur di Teras

desain taman minimalis halaman rumahBagaimana dengan motif catur di halaman? Anda bisa mencoba tampilan taman catur dengan sangat mudah. Selain unik, Anda bisa merealisasikan ide ini dengan sangat mudah.

Sedikit tips untuk Anda, agar terlihat lebih berwarna, sebaiknya tambahkan beberapa tanaman berbunga. Anda bisa memilih varian bunga merambat dan menanamnya di beberapa kotak rumput.

9. Taman di Lahan yang Sempit

Punya lahan sempit di samping rumah? Kalau begitu ini saatnya Anda mengoptimalkan areal yang tersisa itu. Caranya adalah dengan membuat taman sederhana sebagaimana yang ditunjukkan pada gambar.

Anda bisa memadukan pot besar dan tanaman yang disusun berjejer dengan menggabungkan ukuran besar dan kecil. Cukup satu atau dua jenis tanaman, taman Anda sudah terlihat menarik.

Jangan lupa untuk membuat pijakan batuan dan lantai di bagian pinggir taman. Anda dapat memasang pintu kaca geser bila sewaktu-waktu ingin menikmati udara di taman mungil ini.

10. Aksen Batuan Manis di Dalam Rumah

desain taman minimalis kecilTaman mini di jalan menuju ke kamar mandi? Kenapa tidak. Anda boleh saja menempatkan taman kecil ini di mana pun sesuai selera. Taburan batuan kecil berwarna putih dan krem akan tampak cantik.

Tambahkan pijakan dengan pola lingkaran dengan ukuran berbeda-beda. Letakkan pula batuan pebble hitam di tepi sebagai pembatas antara jalan setapak dengan tanaman sejenis bambu mini.

Pada gambar ini, penghuni rumah memilih penggunaan tanaman palsu ketimbang yang asli. Kemudahan dan efisiensi biasanya menjadi alasan utama. Karena dengan memakai tanaman palsu, Anda tak perlu repot dengan pemeliharannya.

Seluruh inspirasi desain taman minimalis ini bisa dimodifikasi sesuai dengan model hunian Anda. Baik lahan sempit maupun luas, di halaman luar atau dalam rumah, semuanya terserah pada preferensi Anda. Selamat mencoba!