10 Desain Pagar Rumah Minimalis untuk Rumah yang Manis

Meskipun banyak yang tidak terlalu menganggapnya penting, desain pagar rumah minimalis mewakili kesan pertama rumah Anda. Apakah rumah tersebut sederhana atau termasuk mewah? Apakah rumah itu tampak terbuka untuk pengunjung?

Ukuran, bahan, hingga bentuk pagar rumah Anda adalah hal-hal yang harus jadi pertimbangan. Tidak sabar ingin memilih satu dari beberapa contoh desain pagar rumah minimalis? Yuk, kita cek satu-persatu.

1. Pilihan Pagar Kayu yang Elegan

desain pagar rumah minimalis dari kayu

Pagar model ini lazim dipilih untuk rumah atau vila mewah yang berada di lokasi pegunungan. Namun, gabungan antara tembok semen dengan pagar kayu ini juga bisa digunakan untuk rumah-rumah di pinggiran kota.

Dengan kebun minimalis yang sedikit tinggi di atas tembok, ada kesan rapi, elegan, sekaligus melindungi dari desain ini. Agar pagar tetap terkesan kuat:

  • Gunakan kayu bermutu tinggi.
  • Desain pagar harus rapat.
  • Model pagar harus yang bisa digeser ke samping (dengan roda di bawahnya).

2. Desain Pagar Rumah Minimalis dengan Warna Pas

desain pagar rumah minimalis

Kata siapa pagar rumah harus selalu berwarna hitam, putih, atau pilihan netral lainnya? Anda juga bisa berkreasi dengan warna lain, seperti kombinasi jingga dengan abu-abu ini.

Terbuat dari kayu (yang dicat jingga) dan baja ringan abu-abu, pagar ini cocok untuk rumah tipe 36 maupun tipe 45. Untuk variasi desain, Anda bisa memilih desain palet kayu yang berdempet pada permukaan pagar.

Anda juga bisa memilih desain palet kayu yang berjarak dan menggabungkan keduanya dengan cara berselang-seling.

3. Besi Hitam yang Sederhana

desain pagar rumah minimalis sederhana

Bila enggan ribet dengan desain pagar untuk rumah mungil Anda, boleh juga kembali ke pilihan standar. Model yang terbuat dari besi dan berwarna hitam ini termasuk pilihan favorit banyak orang.

Meskipun terkesan sederhana, ada keuntungan dari memilih pagar model ini, yaitu:

  • Desain vertikal ke bawah membuatnya tidak mudah dipanjat orang, jadi lebih aman.
  • Celah di antara desain juga memberi kesan rumah ini terbuka untuk dikunjungi tamu.

4. Warna dan Bekas Sambungan yang Tampak Alami

desain pagar rumah minimalis nuansa alami

Pagar dari bahan kayu memang masih banyak peminatnya. Agar tidak terkesan standar dan tetap kelihatan mewah, ini yang dapat Anda akali.

Pilih pagar kayu dengan model geser jangan pintu yang memakai engsel. Lalu gunakan lempeng kayu yang potongannya tidak rata, lalu disambung dengan perekat kayu terkuat. Jangan lupa dipelitur agar tetap halus di permukaan.

Selain itu, biarkan warnanya tetap alami, meskipun mungkin gradasinya sedikit berbeda.

5. Efek Renggang Acak pada Pagar

desain pagar rumah minimalis natural

Warna putih juga kerap dipilih untuk pagar rumah, baik untuk yang minimalis maupun tidak. Untuk kesan modern dan unik, ciptakan efek renggang antar lempengan pagar secara acak. Belum tentu pemilik rumah lain mau mencobanya.

Meskipun unik, ada sedikit kekurangan desain ini yang sebaiknya diwaspadai. Bila bahan yang digunakan murah, siap-siap saja melakukan perbaikan pagar saat lempengan kayunya mulai lapuk dimakan rayap dalam waktu dekat.

Sayangnya, efek renggang antar lempengan (apalagi dengan motif horizontal begini) membuat pagar mudah dipanjat orang.

6. Kombinasi Pilar Batu Alam

desain pagar rumah minimalis batu alam

Pagar besi minimalis ini memang banyak digemari. Namun, untuk variasi, Anda bisa memilih yang jarak antar garis horizontalnya lebihkecil lagi.Meskipun masih tampak agak terbuka, orang tidak bisa mengintip dengan mudah.

Rumah dengan pagar model ini dapat dibuat dengan memakai kombinasi pilar-pilar dari batu alam yang juga sewarna dan memasang pagar geser ini di pojok. Pilar-pilar ini dapat menjadi pembatas antar pagar yang ada.

Satu lagi alasan penting yang membuat jenis pagar di gambar patut dicoba, soal keamanan. Pasalnya, jarak garis horizontal pagar yang sempit membuatnya tidak mudah dipanjat orang.

7. Gaya Klasik yang Asik

desain pagar rumah minimalis klasik

Bila ingin rumah dengan pagar bergaya klasik, cobalah kombinasi bahan kayu, besi atau stainless steel sebagai rangka pagar, dan pilar dari semen. Pagar model ini memberi kesan sederhana sekaligus berfungsi melindungi.

Karena tidak bercelah dan cukup tinggi, pagar ini sekilas mengesankan bahwa rumahnya tidak begitu terbuka untuk dikunjungi tamu. Tapi, ada caranya mengurangi masalah itu.

Tinggikan letak rumah, terutama beranda depan. Minimal orang luar masih bisa melihat kepala Anda terjulur dari dalam.Sesekali biarkan pagarnya terbuka bila memang ingin menerima tamu.

8. Warna Hitam Bermotif Unik

desain pagar rumah minimalis bermotif unik

Pagar besi dengan motif vertikal dan horizontal, baik yang celahnya rapat maupun renggang, sudah banyak. Pagar yang tidak bercelah pun banyak dipilih.

Pagar minimalis dari besi dengan warna hitam ini modern dan unik. Teksturnya tidak biasa, yaitu bermotif kotak-kotak. Anda bahkan bisa memilih motif lain sesuai selera.

Tentu saja, pagar model ini punya beberapa risiko. Harganya mahal, karena pengerjaannya membutuhkan waktu lama dan selera seni yang tidak umum.Bila ukuran celah-celahnya memungkinkan, orang masih dapat memanjat pagar.

Jika rusak seiring waktu, kondisi pagar langsung terlihat cacat dan tidak cantik di mata lagi.

9. Putih, Menyenangkan Pandangan Mata

desain pagar rumah minimalis putih

Warna putih juga kerap dipilih untuk pagar rumah, baik untuk yang minimalis maupun tidak. Untuk kesan modern dan unik, ciptakan efek renggang antar lempengan pagar secara acak. Belum tentu pemilik rumah lain mau mencobanya.

Meskipun unik, ada sedikit kekurangan desain ini yang sebaiknya diwaspadai, yaitu Bila bahan yang digunakan murah, siap-siap saja melakukan perbaikan pagar saat lempengan kayunya mulai lapuk dimakan rayap dalam waktu dekat.

Hal lain yang mesti diwaspadai adalah efek renggang antar lempengan (apalagi dengan motif horizontal begini), sehingga membuat pagar mudah dipanjat orang. Awas, ada tamu tak diundang.

10. Desain Pagar Rumah Minimalis Besi Hallow Galvanis

 

Desain Pagar Rumah Minimalis Hallow Galvanis

Pagar besi biasa dengan hallow galvanis mempunyai perbedaan yang signifikan: hallow galvanis ibarat stainless stell, yaitu tidak mudah berkarat. Berhubung warna hitam juga mudah dipadupadankan, pagar ini juga cocok jadi pilihan.

Meskipun juga dikombinasikan dengan tembok beton, ada yang membuat desain pagar ini cukup unik. Anda bisa memisahkan pagar untuk arah ke garasi dan satu lagi untuk langsung ke pintu rumah.

Selain itu, memasang interkom pada tembok beton memberi kesan mewah pada rumah ini. Apalagi, bila Anda menambahkan ornamen lain seperti lampu yang ditanam di dinding samping pagar.

Nah, adakah yang cocok untuk rumah Anda? Desain rumah minimalis memang terdiri dari banyak contoh. Ada beberapa rumah yang sederhana, mewah, hingga gabungan dari keduanya.

Ada juga yang sebenarnya tampak mewah, padahal dalamnya sederhana. Begitu pula sebaliknya. Beberapa pagar menggunakan pengunci model hook alias pengait.

Desain rumah mewah banyak bermain dengan ornamen unik pada pagar. Selain banyak mengandalkan bahan-bahan berkualitas tinggi seperti kayu merbau dan stainless steel, desain adalah andalan untuk rumah mewah.

Tentu saja, apa pun pilihan desain rumah Anda, jangan lupa dengan desain kamar mandi minimalis. Bila kamar mandi membutuhkan jendela untuk mendapatkan cahaya alami, jangan lupakan gorden yang tepat untuk mencegah pengintipan.

Nah, inilah 9 desain pagar rumah minimalis yang bakal membuat rumah terlihat lebih unik. Kalau belum puas, Anda bisa berkreasi sendiri dengan ornamen untuk pagar rumah.