9 Inspirasi Desain Kamar Tidur Minimalis (Full Anti Mainstream)

Menerapkan desain rumah yang minimalis berarti perlu memperhitungkan ukuran ruang-ruang lain di dalam rumah. Termasuk diantaranya, desain kamar tidur minimalis yang mesti tercantum pada denah rumah Anda.

Kamar tidur yang mungil bukan berarti harus terasa sesak. Bila tahu cara mengakalinya (seperti beberapa contoh desain di bawah ini), semoga Anda tidak kesulitan. Semoga hasilnya dapat membuat siapa pun tidur nyenyak.

Dengan beberapa pertimbangan, inilah desain kamar tidur minimalis paling oke untuk Anda tiru.

1. Sedikit Perabotan (Cocok untuk Pelajar)

desain kamar tidur minimalis

Selain mengandalkan cahaya dari luar di siang hari, Anda bisa memasang lampu LED yang hemat energi. Gunakan watt yang cukup memadai agar ruangan tidak terasa panas akibat cahaya yang terlalu terang.

Kamar tidur ini sangat cocok untuk kamar anak, baik laki-laki maupun perempuan. Ini bisa terlihat dari sedikitnya perabotan selain kasur, kursi, dan pot di atas meja. Bahkan, dinding hanya dihiasi dengan gambar peta dan gambar hasil karya anak.

Selain itu, pilihan cat warna putih pada dinding juga membuat kamar tidur ini terlihat lebih lapang. Lantai kayu yang sederhana tidak perlu ditutupi karpet. Untuk pencahayaan yang memadai, pasang jendela yang cukup lebar.

2. Nuansa Mewah Berpintu Kaca Menuju Taman

desain kamar tidur minimalis mewah

Contoh desain kamar tidur minimalis ini termasuk mewah dan lebih cocok untuk orang dewasa. Dengan ranjang double berbahan beludru dan sepasang meja nakas dan lampu meja kembar, rasanya lebih mirip kamar tidur di hotel bintang lima.

Meski tanpa sandaran tempat tidur maupun karpet, Anda tidak perlu menambah dekorasi lain lagi. Bahkan, dengan pintu kaca yang langsung menuju taman belakang rumah, kamar tidur ini akan terasa makin lapang dan lega.

Bukan cuma itu, pintu kaca akan membantu bagian dalam rumah mendapatkan cahaya alami yang cukup, terutama di pagi hari. Silakan menambahkan tirai panjang untuk privasi di malam hari untuk desain kamar tidur minimalis ini.

3. Kombinasi Dinding Semen dan Cat Warna Pastel

desain kamar tidur minimalis warna pastel

Bukannya malas, namun kombinasi ini menciptakan kamar mungil unik sekali. Dinding semen yang dibiarkan polos tanpa warna cat tampak kontras dengan bagian dinding lain dan lantai kayu yang lebih rapi dan (kelihatan) bersih.

Desain kamar tidur minimalis ini juga cocok untuk apartemen studio, seperti yang bisa terlihat pada gambar. Beberapa trik tambahan untuk memperindah kamar ini termasuk:

  • Adanya lampu pada nakas dengan cahaya temaram, mengingat sudah terdapat lampu di satu kamar yang cukup terang. Peletakkannya berguna untuk menciptakan suasana kalem saat yang satu lagi dimatikan.
  • Lemari pakaian yang tidak begitu besar.
  • Adanya hiasan dinding berupa beberapa pigura bergambar dengan nuansa pastel.

4. Ranjang Menghadap Jendela (Demi Cahaya Maksimal)

desain kamar tidur minimalis dekat jendela

Meskipun terkesan penuh ilusi, ada satu lagi cara untuk membuat bagian dari desain rumah minimalis ini terasa lapang. Salah satunya adalah menghadapkan tempat tidur pada jendela atau pintu kaca menuju balkon atau beranda.

Desain kamar tidur yang satu ini mengandalkan sedikit penggunaan perabotan. Inilah cara menghias kamar yang cocok untuk pribadi yang simpel atau bagi seorang yang praktis.

Selain termasuk penataan yang cukup sederhana, Anda juga bisa mengurangi keribetan dengan:

  • Membuat rak penyimpanan di bawah ranjang.
  • Memanfaatkan jendela panjang dan dua jendela kecil untuk pencahayaan alami yang maksimal.

5. Praktis dan Cantik dengan Warna Permen

desain kamar tidur minimalis anak perempuan

Kamar tidur minimalis untuk anak perempuan tidak selalu harus berwarna pink. Ini salah satu contohnya. Untuk mengurangi kesan sempit, Anda bisa membuat semacam panggung untuk kasur mereka beserta nakas dan rak-rak mini.

Dengan warna cat dinding putih serta hiasan bermotif warna-warna permen ini, kamar tampak ceria. Bila tidak yakin bisa melukis, ada alternatif lain untuk mempercantik kamar tidur untuk putri Anda

Alternatif pertama adalah dengan memasang wallpaper dengan warna-warna cerah serupa. Cara kedua untuk mendekorasi ruangan adalah dengan menambahkan bantal-bantal berwarna senada.

6. Dinding Semen untuk Dekorasi Maskulin

desain kamar tidur minimalis maskulin

Jangan telanjur ngeri dengan ide semacam ini. Meskipun kesan awalnya seperti kamar tidur di penjara, anak laki-laki yang sudah remaja mungkin akan menyukainya. Hasilnya adalah kesan kamar yang sederhana, unik, dan ringkas.

Meskipun terkesan muram dan minim dekorasi, kamar ukuran kecil ini dapat diakali dengan dekorasi unik berupa lampu studio seperti yang digunakan di atas ranjang, dan jendela dengan partisi tirai seng atau plastik yang rapat.

7. Cermin Memanjang yang Berkesan Lapang

desain kamar tidur minimalis yang lapang

Ini adalah satu lagi desain kamar berukuran 3×3 yang cocok untuk apartemen tipe studio. Untuk menghemat tempat, ranjang bisa dibuat menempel ke satu dinding. Begitu pula dengan lemari pakaian yang tampak ringkas.

Cara penataan kamar ini juga sederhana dan banyak mengandalkan warna-warna netral. Agar terkesan lebih lapang, dua hal yang bisa dilakukan termasuk memasang cermin memanjang di dinding dan menghindari hiasan dinding yang berlebihan.

8. Spesial Buat Anak Remaja

desain kamar tidur minimalis anak remaja

Kamar tidur ini cocok untuk semua anak remaja, baik laki-laki maupun perempuan. Karena warna-warnanya netral (putih, abu-aubu, dan cokelat), desain interior ini tahan lama dan tidak membosankan.

Meskipun hanya berukuran 3×3, Anda bisa membuatnya lebih lapang dengan menggunakan lemari pakaian yang tidak terlalu besar namun bisa diletakkan di pojok ruangan, rak di bawah ranjang, dan rak beroda.

9. Desain Kamar Tidur Minimalis Untuk yang Berjiwa Seni

desain kamar tidur minimalis artistik

Kamar tidur bergaya Skandinavia ini cocok sekali untuk yang berjiwa seni. Dengan desain interior yang ringkas, Anda sudah bisa tidur dengan nyaman. Model kamar ini bisa menjadi penyempurna desain rumah minimalis Anda.

Ragam inspirasi desain kamar ini bisa ditemukan di berbagai majalah interior. Selain rak built-in, lampu gantung, dan satu lukisan sebagai hiasan dinding, kamar ini tidak terlihat sempit karena semua perabotan didempetkan ke satu sisi dinding.

Selain itu, ada jendela yang cukup panjang untuk membiarkan cahaya matahari masuk ke kamar setiap pagi. Ruangan pun tidak terasa sempit dan menjadi terlihat lebih lapang.

Untuk menghemat tempat, kebanyakan kamar tidur minimalis ini juga memiliki kamar mandi dalam. Nah, bagaimana agar penataan kamar mandi tidak mengganggu atau mengotori kamar tidur?

Desain kamar mandi minimalis untuk di dalam kamar tidur bisa berupa shower dengan partisi kaca. Sebelum keluar dari bilik shower, Anda bisa mengeringkan kaki dulu dengan keset yang tersedia di dalam kamar mandi.

Sembilan inspirasi kamar tidur ini mungkin dapat memberi gambaran soal desain rumah idaman Anda. Apa pun pilihannya, semoga kamar tidur minimalis di rumah terasa nyaman dan membuat penghuni rumah tidur lebih nyenyak.

Jadi, sudahkah Anda memilih desain kamar tidur minimalis yang sesuai dengan selera? Semoga pilihan Anda tepat.