6 Strategi Digital Marketing untuk Bisnis Online yang Perlu Kamu Ketahui

Strategi Digital marketing saat ini menjadi instrumen utama dalam menjalankan suatu bisnis online. Instrumen pemasaran yang berkutat dengan internet ini terbukti berkontribusi aktif dalam kemajuan bisnis.

Sebagai pemilik bisnis atau pun digital marketer, kamu hanya perlu menyusun strategi pemasaran berdasarkan pengamatan terhadap fenomena yang ada dalam masyarakat.

Walaupun terdengar seperti pekerjaan yang ringan, ada banyak hal yang mesti dilakukan untuk melaksanakan digital marketing yang efektif. Berikut 6 strategi digital marketing untuk bisnis online yang bisa kamu lakukan.

1. Mengoptimalkan Penggunaan SEM dan SEO

Strategi Digital Marketing - Menggunakan SEM

Search Engine Marketing (SEM) merupakan suatu bentuk optimasi website yang dilakukan dengan cara meningkatkan visibilitas website di halaman hasil pencarian mesin telusur seperti Google. Adapun cara penerapannya, salah satunya dengan memanfaatkan iklan, seperti metode Pay Per Click (PPC).

Sedangkan, Search Engine Optimization (SEO) diartikan sebagai suatu proses optimasi terhadap website agar dapat muncul di laman pertama pencarian Google, salah satunya dengan mengutamakan penggunaan keyword yang tepat.

Keuntungan yang didapat tentunya website bisnismu memiliki banyak pengunjung serta naiknya traffic pada website. Semakin banyak pengunjung, semakin besar pula calon pelanggan potensial.

Baik SEM maupun SEO, keduanya memiliki peran yang saling melengkapi. SEO akan mengandalkan keywords agar website dapat dijangkau oleh pengguna mesin pencari, sedangkan SEM bertugas untuk memaksimalkan kinerja SEO itu sendiri.

2. Manfaatkan Media Sosial

Manfaatkan Media Sosial

Seperti yang kita ketahui, selama ini banyak orang mengandalkan smartphone dan jaringan internet, termasuk di dalamnya media sosial.

Fenomena ini bertambah seiring diberlakukannya kebijakan work from home dan belajar dari rumah yang diterapkan pemerintah. Melihat peluang tersebut, sebagai digital marketer kamu bisa pintar-pintar memaksimalkan strategi pemasaran lewat media sosial.

Aplikasi yang tren saat ini seperti TikTok, Instagram, dan bahkan WhatsApp sekalipun bisa kamu gunakan untuk ekspansi pasar lebih luas.

Membuat konten dengan visual yang menarik ataupun video kreatif bisa menjadi poin utama untuk menarik perhatian calon pelanggan.

3. Bentuk Tim Konten Marketing

Strategi Digital Marketing

Keberhasilan suatu bisnis berasal dari kerja sama tim dari tiap bidang. Baik sebagai pemilik ataupun digital marketer tentu tak bisa meraup semua pekerjaan sendiri. Kamu butuh sebuah tim di mana tiap-tiap orangnya bisa bantu meningkatkan keberhasilan bisnismu.

Ketika ingin melakukan promosi lewat berbagai konten, kamu butuh seorang content writer untuk menulis skrip dan informasi bermanfaat yang bisa menarik perhatian audiens untuk melirik produk yang ditawarkan.

Selain content writer, kamu juga bisa rekrut desainer grafis dan video editor untuk membuat tampilan campaign dan video konten yang enak dipandang dan tentunya menarik pelanggan yang bisa diunggah ke platform yang sedang eksis, seperti TikTok.

4. Mengadakan Giveaway

Strategi Digital Marketing - Teknik Giveaway

Bukan rahasia lagi bahwa teknik giveaway bisa meningkatkan engagement dan brand awareness dengan pelanggan. Kamu bisa membuat aturan seperti mengharuskan peserta untuk mengikuti akun Instagram perusahaan dan memintanya untuk mention beberapa orang di kolom komentar.

Untuk hadiahnya, selain memberi pemenang merchandise gratis, alternatif lainnya yang bisa kamu pilih ialah hadiah berupa kode promo.

Apa pun yang kamu pilih, pastikan itu cukup menarik untuk peserta dan pastinya sesuai dengan budget perusahaan.

5. Menggunakan Email Marketing

Email Marketing

Tak kalah penting dari sosial media lainnya, menggunakan teknik email marketing juga dikatakan ampuh menarik pelanggan. Dengan pendekatan yang lebih personal dan headline email yang menarik perhatian, disertai CTA yang tepat, mendapat ratusan calon pelanggan bukan hal yang tak mungkin.

Untuk bidang satu ini kamu bisa melakukannya dengan merekrut seorang copywriter agar hasil yang kamu inginkan dapat diwujudkan.

Idealnya, seorang copywriter lah yang tahu teknik penulisan dan strategi yang tepat untuk menarik perhatian pelanggan pada berbagai medium.

6. Affiliate Marketing

Affiliate Marketing

Untuk dapat dikenal khalayak luas dengan cepat, teknik affiliate marketing ini bisa kamu coba. Affiliate sendiri merupakan suatu kerja sama antar satu bisnis dengan pebisnis lainnya. Contohnya seperti yang sering kita lihat dari endorsement yang dilakukan para influencer.

Mereka melakukan ulasan produk dan jasa yang mereka jalin dengan pebisnis, kemudian hal itu menarik perhatian followers. Sebagai pemilik kamu juga berkesempatan untuk memperlihatkan unique selling point yang kamu miliki dibanding dengan kompetitor.

Cara kerjanya yaitu pemilik atau digital marketer bisa memberi tautan website yang nantinya akan disematkan pada konten yang akan dibuat.

Setelah melakukan endorse, followers mereka akan mengklik tautan tersebut sehingga kemudian masuk ke website bisnis yang kamu jalani.

Kerja sama yang dilakukan pemilik dan influencer tersebut dapat memberikan keuntungan bagi keduanya. Influencer akan mendapat keuntungan berupa uang hasil mengiklankan produk, sedangkan pemilik bisnis mendapat calon pelanggan potensial lebih banyak.

Nah, itulah dia beberapa strategi digital marketing terbaik yang bisa kamu lakukan. Tentunya keberhasilan tersebut tak bisa didapatkan secara instan.

Semua diperlukan kerja keras, kerja sama tim, penilaian dan penelitian pasar yang tepat, serta pastinya kualitas produk atau jasa yang kita tawarkan haruslah yang terbaik. Aplikasikan 6 strategi di atas dan tetap pelajari pasar agar selalu tepat sasaran. Selamat mencoba!

Pamungkas Adipura
Pamungkas Adipura

Alumni YEA (Young Entrepreneur Academy) Indonesia. Penikmat kopi dan pembelajar yang tak kunjung pintar.

Articles: 182

Leave a Reply