bahan oxford

Bahan Oxford: Tips ++ Cara Cerdas Berbusana!

Ada pendapat yang menyebutkan bahwa pria lebih menyukai wanita smart. Jadi, Anda juga harus berani tampil smart di depan mereka. Memakai pilihan kemeja dari bahan oxford bisa menjadi solusi tepat untuk menarik perhatian para pria.

Namun Anda mungkin bertanya-tanya, mengapa harus kemeja oxford? Padahal masih ada banyak pilihan lain, kemeja bahan linen, misalnya. Alasannya sederhana, karena dengan kemeja oxford, Anda dapat menampilkan kesan smart dengan cara yang paling nyaman.

Kombinasi Busana dengan Kemeja Oxford

Mengkombinasikan bahan oxford adalah pilihan cerdas karana karakteristik bahannya yang enak dipakai, berikut tips yang bisa Anda gunakan:

Bawahan

Hindari memakai celana jins belel, apalagi saat ke kantor. Bukan hanya para lelaki akan merasa aneh, Anda mungkin juga bakal mendapat teguran dari bos. Masih ada banyak pilihan item bawahan yang lainnya.

Anda bisa memilih celana bahan atau celana maxi sebagai penggantinya. Kemeja lengan panjang bahan oxford warna putih akan cocok dengan warna bawahan apa saja. Untuk tampilan paling sederhana, kombinasikan kemeja putih berikut bawahan hitam.

Pertimbangkan rok atau celana kulot untuk menjaga penampilan feminin. Ini akan membuat pergerakan Anda lebih leluasa saat beraktivitas. Jika masih ingin memakai jins, pilihlah yang paling rapi. Pastikan tidak ada lubang menganga di permukaannya.

Outer

Mau blazer, kardigan, jaket denim, rompi, atau sweater? Silakan pilih sesuka Anda. Selain menghangatkan, outer juga bisa berfungsi untuk mempermanis penampilan. Dengan aplikasi pemakaian yang benar, outer menjadikan Anda tampak lebih rapi.

Perhatikan benar-benar soal pemilihan motif dan warna. Sebaiknya, tetap dibuat sederhana dengan menghindari warna-warna mencolok atau motif yang terlalu intens. Sweater rajut atau kardigan polos dengan ukuran fit cocok untuk suasana semiformal.

Pilihan lainnya blazer dan rompi, yang akan membuat Anda tampak lebih rapi. Anda bisa memilih blazer panjang dari bahan wolfis untuk menampilkan sosok cerdas yang anggun. Namun, pastikan ukuran dan panjangnya benar-benar pas dengan postur tubuh Anda.

Aksesori

Penampilan makin lengkap dengan pilihan aksesori yang tepat. Anda bisa memakai kacamata, sepatu trendi, kalung, bahkan bandana. Anda hanya perlu memastikan tidak ada yang berlebihan dari penggunaan aksesori-aksesori ini.

Anda harus menimbang dan melakukan seleksi ketat. Ukurannya harus tepat. Bentuk, motif, warna, dan pernak-perniknya pun wajib dipilih secara akurat. Bahkan, sebuah bros kecil di kerah kemeja pun mampu membuat Anda tampak semakin smart.

Update wawasan Anda tentang kacamata. Pilihlah desain yang paling sesuai dengan bentuk muka Anda. Bagaimanapun modelnya, tas dari kulit cocok di segala suasana. Perlu dicatat, sebaiknya kesampingkan syal saat sedang mengenakan kemeja dari kain oxford.

Tentang Kain Oxford

Mengenal lebih dalam tentang suatu bahan yang akan kita kenakan bisa menambah kepercaayan diri, adapun detail tentang kain oxford sebagai berikut:

Asal Nama

Jika istilah bahan maxmara diambil dari nama sebuah rumah mode Italia, Anda mungkin akan langsung tertuju pada salah satu universitas di Inggris ketika mendengar nama oxford. Ternyata, pencipta kain ini memang terinspirasi dari nama kota, di mana perguruan tinggi tua itu berdiri.

Produk mereka yang lain pun diberi nama dengan tema serupa. Sebut saja kain cambridge, yale, dan harvard, yang juga merupakan nama universitas. Tak heran jika kemudian kemeja oxford populer di kalangan mahasiswa Inggris dan Amerika Serikat.

Bahan Pembuat

Pada mulanya, tepatnya abad ke-19, pengusaha kain Skotlandia menggunakan serat katun untuk membuat kain oxford. Pola tenunannya menyerupai anyaman keranjang, yakni dengan membuat benang vertikal dan horizontal saling berkelindan.

Anyaman tersebut memakai dua jenis benang. Benang yang tebal berperan sebagai rangka dengan benang tipis menjadi pembungkusnya. Pewarnaan dilakukan saat kain masih berupa serat sehingga membuat teksturnya tampak berbintik-bintik.

Karakteristik

Material kain oxford punya permukaan kasar, tetapi tidak membuat gerah saat dipakai, berbeda dengan bahan rayon yang terkenal kelembutannya menyerupai sutra. Kain oxford tebal cocok untuk pakaian hangat musim dingin.

Namun pada dasarnya, kain ini memiliki sirkulasi udara yang baik, sehingga tetap sejuk di musim panas.

Kelebihan itu diperoleh dari teknik anyaman yang telah disebutkan sebelumnya. Penggunaan dua jenis benang juga membuat bobotnya cukup terasa. Material ini dikenal tahan lama, tak cepat kusut dan mudah kembali ke bentuk semula.

Cara Merawat

Perawatannya pun tak membutuhkan perlakuan khusus. Teksturnya yang kasar akan bertambah lembut jika semakin sering dipakai. Anda bisa mencucinya dengan mesin atau mengucek, jemur beberapa saat, lalu langsung memakainya setelah kering tanpa perlu disetrika dulu.

Oxford Kini

Dalam perkembangannya oxford tak lagi memanfaatkan serat katun. Kini, sebagian besar produsen menggunakan campuran serat sintetis poliuretan dan polivinil klorida, zat yang juga dipakai dalam pembuatan bahan taiga. Zat-zat tersebut berfungsi meningkatkan kekuatan kain.

Karena lebih murah dan lebih kuat, oxford akhirnya mendapat tempat tersendiri di kancah fashion. Menjadi bahan baku dalam pembuatan kemeja, seragam, kaos, celana, dan beberapa jenis busana formal lainnya. Gamis bahan oxford pun cukup mudah ditemui di pasaran.

Tampil Smart, Sepenting Itukah?

Anda memang tak bisa menilai isi buku hanya dari sampulnya. Ini juga berlaku pada manusia. Bahkan, Anda sebaiknya tidak melakukan penilaian sama sekali terhadap orang lain karena setiap manusia memiliki sudut pandang yang berbeda.

Memang, penampilan dapat memunculkan kesan apa pun kepada siapa saja. Baju yang Anda pakai berpotensi mengundang ketertarikan orang lain atau menjauhkannya. Jadi, sepenting apakah penampilan smart itu?

Mungkin akan sangat penting, terutama jika Anda menganggap bahwa penampilan adalah yang paling utama. Sah-sah saja, pasalnya itu juga merupakan salah satu metode aktualisasi diri. Namun ketika dilihat lebih jauh lagi, sebenarnya smart bukan hanya tentang penampilan.

Ada sejumlah kualitas mendasar yang perlu dimiliki seorang perempuan cerdas, yaitu perilaku santun, wawasan pengetahuan dan kecerdasan emosional. Ini akan membuat Anda memperoleh penilaian lebih bukan hanya di mata pria, tetapi siapa saja.

Tanpa ketiga hal tersebut, sepertinya karakter smart yang Anda tampilkan lewat pilihan busana akan sia-sia belaka. Sebagus atau semahal apapun kemeja bahan oxford yang dikenakan, orang akan lebih tertarik pada kualitas kepribadian, bukan penampilan.

Leave a Reply